Kamis, 30 Oktober 2014 | 22:14:15
Home / Politik / Pilkada / Alex-Nono Kunjungi Kepulauan Seribu

Sabtu, 05 Mei 2012 , 08:47:00

BERITA TERKAIT

CALON gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono menilai banyak potensi yang dimiliki Kepulauan Seribu. Tak hanya untuk dijadikan kawasan wisata, pasangan yang memiliki tagline 3 Tahun Bisa itu melihat wilayah yang terdiri dari pulau kecil itu dapat dijadikan daerah industri.

Gagasan Alex-Nono itu diutarakan setelah berkunjung ke Pulau Kelapa, Seribu Utara dan Pulau Tidung di Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (4/5). "Pemda DKI mestinya bersyukur karena Jakarta mempunyai Kepulauan Seribu yang memiliki banyak potensi. Tidak hanya untuk pariwisata, untuk industri pun bisa di sini. Jadi ini akan dijadikan satu contoh," kata Alex Noerdin yang didampingi Nono Sampono.

Dengan dibukanya industri di wilayah itu, kata Alex, kesulitan untuk mendapatkan lapangan kerja bagi warga setempat bisa teratasi. "Masyarakat juga selama ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, listrik, dan solar. Tidak hanya itu, di Kepulauan Seribu ini juga belum ada pabrik es. Dan pemakaman. Di sini meninggal saja harus mengeluarkan biaya yang besar," beber Gubernur Sumatera Selatan itu.

Alex menyayangkan, padahal jarak Kepulauan Seribu dengan Kota Jakarta hanya satu jam dari Marina Ancol dengan mengendarai kapal cepat. Dan 3 jam dari Muara Angke dengan menggunakan kapal. "Tapi kondisinya jauh lebih sulit dari Kota Jakarta sendiri," ujar cagub yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS, serta didukung 20 parpol non parlemen.

Kesulitan yang dialami warga Kepulauan Seribu itu dibenarkan Mahyuni, isteri Ketua RT 5/3, Pulau Kelapa, Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu. "Untuk air bersih, warga biasanya membeli Rp 20.000 untuk satu gerobak yang isinya 12 jerigen," kata Mahyuni.

Dalam kesempatan itu, Alex dan Nono juga mengunjungi korban angin puting beliuang di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, pasangan itu memberikan bantuan. Soal jumlah bantuan Alex Noerdin tidak mau berkomentar. "Kalau tangan kanan memberi tangan kiri jangan mengetahui," ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut Alex juga berjanji akan menggratiskan sekolah dari SD sampai SMA sederajat, serta kesehtan gratis. Alex juga mengutarakan persoalan listrik dan transportasi akan juga diperhatikan di Kepulauan Seribu.

Di wilayah yang dibatasi lautan itu, ribuan Kelompok nelayan dan Serikat Rakyat Miskin Kepulauan Seribu menyatakan dukungannya terhadap Alex-Nono.

Selain kelompok nelayan dan serikat rakyat miskin juga dilakukan deklarasi  dukungan dari organisasi pendiri dan yang didirikan seprti Trikarya, Hasta Karya dan Sayap.

Selain dari Pulau Kelapa, pasangan Alex-Nono menuju Pulau Tidung. Di tempat itu Deklarasi dukungan Alex-Nono terus bergulir. DPD II Golkar dan DPC PPP Kepulauan Seribu menyatakan siap memenangkan Gubernur Sumatera Selatan dan mantan Komandan Marinir tersebut.

Di pulau ini, Alex secara spontan menumpangi becak motor (bentor) dengan disopiri Nono Sampono. Bentor menjadi alat transportasi bagi warga di Pulau Tidung. (yay)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar