Protes, Warga Tanam 1.000 Pohon di Jalan

Protes, Warga Tanam 1.000 Pohon di Jalan
Protes, Warga Tanam 1.000 Pohon di Jalan

jpnn.com - TASIK  - Sebanyak 1.000 pohon akan ditanam di sepanjang jalan yang jaraknya kurang lebih 4 km dan meliputi empat desa di Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.

Rencananya 1000 pohon ini akan ditanah disepanjang jalan yang menghubungkan desa Arjasari, Jayamukti, Cigadu sampai Mandalagiri yang notabene berada di kaki gunung galunggung.

Aksi penanaman pohon di tengah jalan rusak ini sebagai bentuk protes masyarakat di wilayah tersebut. Pasalnya sejak tahun 2001 sampai tahun 2014 belum pernah ada perbaikan jalan di wilayah ini.

Kordinator Aksi dari Jagat (Jaringan Anak Galunggung), Dadi Leo menuturkan masyarakat sudah mempersiapkan 1000 pohon untuk ditanam disepanjang jalanan rusak itu.

"Pohonnya sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari dan hari ini hari pertama pelaksanaannya. Ini sebagai bentuk protes kami, warga galunggung karena sejak tahun 2001 sampai sekarang belum pernah ada perbaikan jalan di wilayah kami," ujarnya saat ditemui Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) di lokasi penanaman pohon di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya, kemarin.

Dadi menuturkan, warga di wilayahnya merasa dianak tirikan. Pemerintah dinilai tebang pilih dalam melaksanakan pembangunan khususnya infrastruktur jalan. Selain itu masyarakat juga merasa dirugikan. Pasalnya karena kondisi jalan yang rusak parah, seringkali terjadi kecelakaan roda dua yang jatuh karena jalan rusak.

Selain itu, mobilitas ekonomi masyarakat di daerahnya pun terhambat karena kondisi jalan yang rusak. "Jelas dalam hal ini masyarakat sangat dirugikan. Sudah sering ada motor jatuh. Selain itu mobilitas ekonomi juga terhambata," pungkasnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ucu Asep Dani yang terpilih dari dapil II yang mencakup Kecamatan Leuwisari, mengapresiasi tindakan masyarakat menanam 1000 pohon sebagai bentuk protes meminta perbaikan jalan.

TASIK  - Sebanyak 1.000 pohon akan ditanam di sepanjang jalan yang jaraknya kurang lebih 4 km dan meliputi empat desa di Kecamatan Leuwisari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News