112 WNI di Sendai Dievakuasi ke Tokyo

Tiga WNI dan Enam WNA Ikut Dievakuasi dari Fukushima

112 WNI di Sendai Dievakuasi ke Tokyo
DIEVAKUASI - SMP Sanjo, lokasi penampungan WNI pengungsi di Sendai. Foto: Tim KBRI Tokyo.
TOKYO - Relief and Evacuation Team dari KBRI Tokyo, dilaporkan telah mengevakuasi sebanyak 112 WNI dari Sendai di Prefektur Moyagi, ke ibukota Tokyo. Proses evakuasi terhadap WNI yang 29 di antaranya anak-anak ini, dilaporkan berlangsung menjelang tengah malam tadi, dengan perkiraan tiba di Tokyo sekitar pukul 7 pagi waktu setempat, Senin (14/3).

Sebagaimana laporan pihak KBRI Tokyo pula, terdapat satu orang yang cedera tulang belakang dalam rombongan itu. Plus, terdapat pula satu orang ibu yang baru melahirkan dua minggu yang lalu. Tim medis sendiri disebutkan telah disiapkan di tempat penampungan KBRI, yaitu di Gedung Sekolah RI Tokyo (SRIT).

Sementara itu, Tim KBRI dari Fukushima juga dilaporkan telah mengevakuasi sebanyak tiga orang WNI, yang kebetulan berada dalam kawasan radius 70 km dari PLTN Fukushima. Tidak hanya WNI, tim ini juga membantu evakuasi enam orang WNA, masing-masing dari Malaysia, Laos dan Nepal, atas alasan kemanusiaan.

Di kawasan itu, dilaporkan bahwa fasilitas listrik masih menyala, meski suasana kota sangat sepi karena banyaknya masyarakat yang telah mengungsi dari sana, yang dikhawatirkan terkena radiasi. Pemerintah Jepang sendiri pada Sabtu malam (12/3) lalu, sempat menjelaskan bahwa kerusakan PLTN Fukushima bukanlah disebabkan oleh kebocoran reaktor, melainkan karena kerusakan bangunan pelindungnya.

TOKYO - Relief and Evacuation Team dari KBRI Tokyo, dilaporkan telah mengevakuasi sebanyak 112 WNI dari Sendai di Prefektur Moyagi, ke ibukota Tokyo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News