Rabu, 21 Agustus 2019 – 23:18 WIB

138 Bus Angkut Jemaah Indonesia

Rabu, 13 Oktober 2010 – 23:32 WIB
138 Bus Angkut Jemaah Indonesia - JPNN.COM

MEKAH - Jemaah haji Indonesia diangkut dengan 138 unit bus dari pemondokan menuju terminal Bab Ali di dekat masjidil haram. Ratusan bus itu milik dua perusahaan operator, yaitu 78 unit bus Saptco, operator bus milik pemerintah Arab, sisanya operator bus Connecto. Pelayanan transportasi haji ini menggunakan sistem shuttle bus, yang bergerak di rute yang telah ditetapkan. Saptco akan melayani rute dari pemondokan ke Mahbas Jin. Selanjutnya, jemaah akan dipindah naik bus Connecto yang berwarna oranye dari Mahbas Jin ke terminal Bab Ali, dekat masjidil haram.

"Jemaah yang dibawa oleh bus Connecto menuju terminal Bab Ali, dekat masjidil haram. Setelah tiba di terminal, jemaah tinggal menyeberang saja ke masjidil haram," kata Kepala Daker Mekkah, Cepi Supriatna, kepada MCH Kemenag, Rabu (13/10).

Sistem kerja bus itu mirip dengan busway transjakarta. Bus hanya berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Bus pun dilengkapi dengan petugas khusus. Mereka akan memandu jemaah naik bus regular. Petugas bus regular mengenakan rompi berwarna kuning. Sementara, rompi yang berwarna oranye dikenakan oleh petugas bus khusus.

"Petugas akan memandu jemaah menuju lokasi tujuan. Bus itu pula yang akan menjemput jemaah yang pulang dari masjidil haram," tambah Wakil Kepala Daerah Kerja Mekkah Bidang Transportasi, Tatan Rustandi.

Namun, bagi jemaah yang ingin berjalan kaki ke masjidil haram, terutama jemaah yang berjarak sangat dekat dengan ka'bah, petugas sudah memberi arahan khusus. "Jemaah yang dekat dengan masjidil haram bisa berjalan kaki. Namun, bagi jemaah yang agak jauh sudah disiapkan bus khusus. Mereka bisa mengenali bus yang mengangkut jemaah Indonesia dari stiker merah putih yang ditempel di dinding bus," kata Tatan.

Bus-bus itu bahkan ditempeli tanda tempat pemberhentian. Detilnya, bus dari Aziziyah Janubiyah menuju Mahbas Jin diberi stiker warna hijau. Bus dari Aziziyah Syamaliyah ke Mahbas Jin ditempel stiker kuning. Bus dari Syissah ke terminal Mahbas Jin ditempeli stiker berwarna biru.(gus/jpnn)



SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar