16 Kandidat Ramaikan Bursa Ketua DPD

16 Kandidat Ramaikan Bursa Ketua DPD
16 Kandidat Ramaikan Bursa Ketua DPD
JAKARTA--Tahap penjaringan calon wakil Ketua DPD sudah digelar di Rapat Paripurna DPD di Nusantara V, Senayan Jakarta, Kamis (01/10). Hasilnya, terjaring 16 calon ketua yang lolos dari tujuh gugus pulau. Masing-masing, Ahmad Farhan, Irman Gusman, Sultan B Najamuddin, Bambang Suroso (Sumatera). AM Fatwa, Popy Susanti Soedarsono, Dani Arwan, GKR Hemas (Jawa), Sofyan Hadi (Kalimantan), Aryanti Baramuli, Azis Kahar Muzakkar, La Ode Ida (Sulawesi), Hanna Latukonsina, Abdurahman Lahabato (Maluku), Faruk Muhammad (Bali dan NTT), Ishak Mandacan (Papua).

Ke-16 calon ini kata La Ode Ida akan dipilih pada pemilihan tahap I untuk menentukan 11 nama. Seluruh anggota DPD yang berjumlah 132 orang dari  33 provinsi punya hak memilih. Muhammad Asri, anggota DPD asal Sulbar merinci, pada pemilihan tahap II akan memilih 11 calon ketua dari tujuh gugus pulau. Gugus Sumatera mendapat jatah tiga calon, Jawa dua, Sulawesi dua, Kalimantan, Maluku, Bali dan NTB, Papua masing-masing memiliki kuota satu calon yang akan diajukan pada tahap II.

Di tahap II dikatakan Asri, akan memilih lagi tiga calon yang akan mewakili Indonesia Bagian Barat, Tengah, dan Timur. Setelah terjaring tiga orang makan pemilihan akan memasuki tahap III dan akan memilih Ketua DPD yang baru. "Yang dua orang lolos pada tahap III otomatis akan menjadi pimpinan," ucapnya. Rencananya rapat paripurna pemilihan ketua akan diselesaikan malam ini. Saat ini, sidang di skorsing hingga pukul 17.00 WIB.  (awa/JPNN)

JAKARTA--Tahap penjaringan calon wakil Ketua DPD sudah digelar di Rapat Paripurna DPD di Nusantara V, Senayan Jakarta, Kamis (01/10). Hasilnya, terjaring


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News