20 Tahun Lagi Tak Ada Mobil di Hamburg

20 Tahun Lagi Tak Ada Mobil di Hamburg
20 Tahun Lagi Tak Ada Mobil di Hamburg

jpnn.com - HAMBURG- Pemerintah Hamburg, Jerman berencana mewujudkan kota mereka sebagai daerah yang benar-benar bebas mobil. Rencana mewujudkan "kota hijau" tersebut bukan dengan menerapkan aturan larangan penggunaan mobil secara tegas. Tapi dengan memberikan jaringan transportasi ramah lingkungan, menjangkau tak hanya wilayah perumahan atau perkantoran seperti kota lain.

Diberi nama "Grunes Netz" atau jaringan hijau diharapkan terwujud paling lambat tahun 2034. Seperti dikutip dari softpedia, Sabtu (11/1), jalur transportasi yang kini tengah dibangun mencakup taman besar Hamburg, tempat bermain, sampai pemakaman. Proyek ini diharapkan dapat memberikan tambahan setidaknya 40 persen jaringan transportasi permukaan kota.

Jika sudah terbangun, nantinya penduduk Hamburg bisa berkeliling kota dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. "Membayangkan jalur yang tak hanya membantu orang bepergian dari titik A ke titik B tapi juga menaiki bukit, berenang. Bahkan melihat alam dan satwa liar di tengah kota," ucap juru bicara kota, Angelika Fritsch.

Keputusan pemerintah Hamburg menjadikan kota mereka lebih hijau dengan pertimbangan, sudah beberapa tahun terakhir mereka terkena akibat dari perubahan iklim dan pemanasan global. Suhu rata-rata kota kini meningkat 9 derajat celcius dibanding beberapa dekade sebelumnya. (pra/jpnn)

 


HAMBURG- Pemerintah Hamburg, Jerman berencana mewujudkan kota mereka sebagai daerah yang benar-benar bebas mobil. Rencana mewujudkan "kota hijau"


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News