2010, Mendiknas Siap Perkuat Sekolah Lapas

2010, Mendiknas Siap Perkuat Sekolah Lapas
2010, Mendiknas Siap Perkuat Sekolah Lapas
BOGOR - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan bahwa Departemen Pendidikan Nasional harus siap untuk memperkuat sistem dan program sekolah di lembaga permasyarakatan (Lapas) anak di Tangerang pada tahun 2010. "Kami mengupayakan agar program dan sistem sekolah di Lapas terus meningkat. Insya Allah akan mulai diterapkan pada tahun 2010 mendatang," ujarnya, ketika ditemui di Wisma Arga Mulya, Cisarua, Bogor, Sabtu (12/12).

Mendiknas mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya diskriminasi antara orang yang bebas dengan orang yang sedang menjalani hukuman di penjara (narapidana). "Semuanya berhak untuk sekolah. Kami juga ingin bahwa sekolah Lapas menjadi sekolah formal, di mana nantinya mereka pun juga dapat mengikuti ujian nasional layaknya sekolah konvensional," imbuhnya.

Untuk rencana jangka panjang, lanjut Mendiknas, pihaknya juga ingin mendirikan Universitas Terbuka (UT) di Lapas dewasa, misalnya di Lapas Cipinang. Siapa pengajarnya? Mendiknas menjawab, pihaknya akan memberdayakan beberapa tokoh intelektual yang sedang mendekam di penjara.

Menurutnya, banyak tokoh-tokoh penting yang berada di dalam penjara, di mana mereka pun juga merupakan dosen-dosen di beberapa universitas. "Dengan adanya kondisi SDM yang cukup baik di Lapas tersebut, maka hal ini patut dipertimbangkan," ujarnya, sambil menambahkan bahwa program peningkatan sekolah Lapas dan UT di Lapas akan dilakukan secara bertahap.

BOGOR - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan bahwa Departemen Pendidikan Nasional harus siap untuk memperkuat sistem dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News