JPNN.com

3 Jenis Vitamin Ini Baik Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Selasa, 04 Februari 2020 – 01:06 WIB 3 Jenis Vitamin Ini Baik Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan - JPNN.com

jpnn.com - Beberapa peneliti percaya bahwa cuaca dingin bisa memengaruhi sistem kekebalan atau daya tahan tubuh seseorang.

Ketika kinerja sistem imun menurun, tubuh kesulitan dalam melawan terjadinya infeksi penyebab penyakit.

Menurunnya performa daya tahan tubuh Anda disebabkan oleh:

  • Asupan vitamin D berkurang. Saat musim hujan atau cuaca cenderung dingin, matahari seringkali diselimuti oleh awan sehingga Anda akan kekurangan asupan vitamin D yang biasa didapat dari sinar matahari. Penelitian menyatakan bahwa vitamin D merupakan vitamin untuk kekebalan tubuh yang penting agar tetap bisa bekerja secara normal.
  • Menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan. Anda kemungkinan besar lebih sering berdiam di dalam ruangan. Virus akan lebih mudah menyebar ketika orang-orang saling berdekatan antara satu sama lain.
  • Beberapa jenis virus lebih mudah menyebar saat cuaca dingin. Virus penyebab pilek berkembang biak lebih baik pada temperatur rendah. Namun, bukan berarti udara dingin dapat secara langsung menyebabkan Anda sakit. Lebih tepatnya adalah udara dingin atau saat musim hujan menjadi salah satu faktor yang mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Apa saja vitamin untuk kekebalan tubuh?

Asupan nutrisi yang memadai merupakan modal utama dari sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tubuh akan terlindung dari berbagai jenis penyakit. Dari berbagai macam nutrisi, di antaranya adalah beberapa jenis vitamin untuk kekebalan tubuh.

Vitamin ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bekerja sebagaimana mestinya, melawan serangan virus, infeksi atau penyakit.

1. Vitamin A

Vitamin A membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A bekerja melindungi Anda dari infeksi dengan cara menjaga kesehatan lapisan kulit dan jaringan pada bagian mulut, lambung, usus, dan sistem pernapasan.

Sumber HelloSehat

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy