5 Jenis Vitamin Ini Baik Untuk Meningkatkan Energi

5 Jenis Vitamin Ini Baik Untuk Meningkatkan Energi
Berbagai jenis vitamin. Foto: ilustrasi

jpnn.com - Untuk menyambut Senin yang sibuk dan melelahkan, kadang dibutuhkan dorongan energi yang ekstra. Salah satunya melalui vitamin. Ada lima jenis vitamin yang baik untuk meningkatkan energi, yaitu coenzyme Q10, vitamin D, vitamin B12, zat besi, dan L-theanine. Berikut masing-masing ulasannya. 

1. Coenzyme Q10 
Coenzyme Q10 adalah enzim yang secara alami ada di dalam tubuh, terutama di organ jantung, hati, pankreas, dan ginjal. Enzim tersebut merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian pada 2014, para peneliti mengungkapkan bahwa rendahnya kadar coenzyme Q10 berkaitan dengan kondisi tubuh yang mudah lelah.

Kebanyakan orang bisa mencukupi kebutuhan enzim tersebut dengan makanan tertentu, seperti ikan berlemak, hati atau daging merah, serta biji-bijian. Namun, jika Anda merasa tidak bisa mencukupi kebutuhan enzim tersebut lewat makanan, suplementasi bisa dipertimbangkan.

Meski demikian, konsultasi dulu kepada dokter terkait dosis dan efek sampingnya. Sebab, dikhawatirkan ada interaksi tertentu dengan obat pengencer darah atau insulin yang sedang dikonsumsi.

2. Vitamin D 
Kelelahan otot merupakan satu gejala umum jika Anda kekurangan vitamin D. Faktanya, lebih dari 50 persen populasi dunia kekurangan asupan vitamin D! Ada sebuah studi tahun 2013 yang menemukan bahwa efisiensi otot partisipan meningkat setelah diberikan vitamin D. 

Tak cuma itu, ada pula penelitian yang mengaitkan depresi dengan rendahnya vitamin D di dalam tubuh. Ternyata, kelelahan juga merupakan gejala umum dari depresi. Setelah penderita depresi mendapatkan asupan vitamin D setiap minggu, kondisi mereka dilaporkan berangsur membaik. 

3. Vitamin B12 
Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter, vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan deoxyribonucleic acid (DNA) dan sel darah merah, serta membantu fungsi sistem persarafan.

Sebaiknya prioritaskan untuk memenuhi asupan vitamin lewat menu makan sehari-hari. Jangan lupa, hindari begadang agar Anda bisa bangun pagi dengan kondisi yang lebih prima

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News