5 Menit Dilantik jadi Bupati, Syahri  Langsung Dinonaktifkan

5 Menit Dilantik jadi Bupati, Syahri  Langsung Dinonaktifkan
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Tulungagung, Syahri Mulyo dan Maroto Birowo dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di kantor Kementrian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (25/11). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik pasangan Bupati-Wakil Bupati Tulungagung Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo, di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (25/9). 

Usai dilantik, Syahri langsung dinonaktifkan, karena berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap fee proyek infrastruktur di Tulungagung.

Syahri diketahui juga telah menjadi tahanan lembaga antirasuah tersebut.

Sementara Maryoto, diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung. Pelantikan disaksikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Syahri dapat dilantik setelah sebelumnya mendapat izin dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kepada Pak Syahri, ini adalah ujian, semoga Bapak dan keluarga tawakal dalam menjalaninya,” ujar Soekarwo saat memberi sambutan.

Pakde Karwo -panggilan akrab Soekarwo- meyakini Maryoto akan menjalankan visi misi Syahri.

Pengangkatan Maryoto sebagai Plt dilaksanakan, setelah sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo menerbitkan surat Nomor:132.33/7553/SJ, tertanggal 25 September, perihal penugasan Wakil Bupati Tulungagung sebagai Pelaksana Tugas Bupati Tulungagung.

Dalam surat tersebut Tjahjo meminta Gubernur Jatim memerintahkan Maryoto menjadi Plt, demi kelancaran pemerintahan di Kabupaten Tulungagung.

Bupati Tulungagung yang baru kini berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap fee proyek infrastruktur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News