Abu Sudah Rusak Tanaman

Bagi Masker Massal

Abu Sudah Rusak Tanaman
Masker gratis dari Dinas Ksehatan Kabupaten Probolinggo dipakai siswa SD Ngadisari 2 kecamatan Sukapura disaat belajar akan dimulai. Akibat arah angin mendadak berubah ke arah Timur Laut, siswa yang sehari-hari bersekolah tak menduga terjadinya hujan abu vulkanik dari kawah Bromo. Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos
PROBOLINGGO -- Pasca hujan abu vulkanik sampai ke sejumlah desa di Kecamatan Sukapura, Dinas Kesehatan setempat langsung membagikan masker kepada seluruh masyarakat. Sebab di khawatirkan abu yang terhirup bisa membuat sakit mata, ISPA bahkan paru-paru. Total ada 7.500 masker yang dibagikan Dinkes kepada warga. Terutama masyarakat yang berada di ring I yaitu Desa Cemorolawang, Desa Ngadisari, Desa Wonotoro, Desa Seruni dan ring II di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang. Pagi kemarin, bagi-bagi masker dilaksanakan mulai pagi hari ke pemukiman dan sekolah.

Jika beberapa hari sebelumnya jarang masyarakat memakai masker, berbeda dengan kemarin. Di setiap ruas jalan banyak didapati warga yang bersedia memakai masker pemberian petugas kesehatan. "Untuk meminimalisir dampak hujan abu yang terjadi hari ini (kemarin) ya harus menggunakan masker. Karena abu vulkaniknya sudah mengarah ke Cemorolawang. Akibat menghirup abu bisa-bisa kena sakit mata, ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dan paru-paru kronis," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr Endang Astuti.

Dokter Endang juga menginformasikan Dinas Kesehatan sudah membuka empat posko kesehatan tanggap bencana Gunung Bromo. Posko kesehatan itu bakal terus dibuka sampai 10 Desember mendatang. Lokasi posko di Desa Cemorolawang, Pustu Ngadisari, RS Lapangan di Sukapura, Puskesmas Sukapura dan Sapih, Lumbang.

Dinkes setempat juga membagikan masker kepada anak-anak sekolah, seperti di SD Ngadisari 2. Sebanyak 65 siswa mengenakan masker saat jam belajar mengajar berlangsung di sekolah yang terletak di Desa Cemorolawang tersebut.

PROBOLINGGO -- Pasca hujan abu vulkanik sampai ke sejumlah desa di Kecamatan Sukapura, Dinas Kesehatan setempat langsung membagikan masker kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News