Ada Ekspresi Kemarahan di Mimik Presiden Jokowi

Ada Ekspresi Kemarahan di Mimik Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Sopian/Pool/wpa/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Pakar gestur dan mikroekspresi Monica Kumalasari melihat ada kesedihan dan rasa haru yang terpancar dari wajah Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, kesedihan dan rasa haru terpancar dari sisi mikroekspresi, saat presiden menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (16/8).

Sementara dari sisi gestur, pakar dari Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR) ini menilai Presiden Joko Widodo tampak sangat tenang.

Mikroeskpresi adalah emosi atau ekspresi yang terlihat pada wajah, yang muncul secara cepat, yakni dalam waktu dua detik atau kurang.

Gerakan sangat cepat ini merupakan emosi yang murni sebagai respons perasaan atas stimulus tertentu.

"Dalam pidato kali ini tidak terlihat hand gesture, sepertinya juga presiden membaca skrip di layar. Namun, banyak emosi atau ekspresi yang terlihat pada mikroeskpresi dan facial expressionnya," ujar Monica, Senin (16/8).

Monica yang menamatkan pendidikan psikologi di Universitas Indonesia itu mengatakan ada beberapa kali ekspresi sedih yang ditunjukkan presiden.

Pertama, ketika membahas resesi dan krisis yang datang bertubi-tubi menerpa Indonesia setelah merdeka.

Pakar gestus menyoroti wajah dan mimik Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan, terkesan beberapa kali ada kemarahan.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News