Air Ciliwung Dapat Digunakan Sebagai Sumber Air Bersih PAM Jaya dan Tirta Kahuripan

Air Ciliwung Dapat Digunakan Sebagai Sumber Air Bersih PAM Jaya dan Tirta Kahuripan
Pemerhati Sungai Ciliwung dan Hutan Kota dari Universitas Indonesia Rasanto Adi. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati Sungai Ciliwung dan Hutan Kota dari Universitas Indonesia Rasanto Adi mengatakan kualitas air sungai Ciliwung di beberapa segmen makin membaik. Bahkan dapat digunakan sebagai bahan baku air bersih buat Perusahaan Air Minum Jakarta Raya (PAM Jaya).

“Khusus pada sekmen tengah di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) kondisi air cukup baik, terlihat begitu sehat, menarik, sepanjang tanggul sungai sudah di mural. Banyak kegiatan positif di GCB seperti sekolah sungai, olah sampah di tempat dan museum biota,” ujar Rasanto Adi pada Kamis (4/8/2022) terkait Hari Sungai yang biasa diperingati 27 Juli itu.

Rasanto menyampaikan perkembangan menggembirakan terkait sungai Ciliwung. Dia menyebut secara historis sungai Ciliwung mempunyai sejarah peradaban yang berperan besar di masa lalu.

Keberadaan air di sungai Ciiwung, sejak zaman kolonial dari Sunda Kelapa menuju Bogor sudah dijadikan lalu lintas pengangkut segala logistic. Semua melalui sungai Ciliwung.

Bahkan warga tinggal di sekitar bantaran sungai sudah memanfaatkan airnya untuk minum, cuci dan mandi.

Artinya air sungai Ciliwung bukan akhir-akhir ini saja bisa dimanfatkan. Namun, dalam desakan demografi, pesatnya pertumbuhan segala sektor maka perusahaan air juga turut memanfaatkannya hingga kini.

Rasanto Adi mengungkapkan di ruas Jalan Tegar Beriman, Cibinong Bogor, persis di bawah jembatan, perusahaan air minum (PT Tirta Kauripan)/PAM juga mulai memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku air minum.

Hulu-Hilir Mulai Tertata

Pemerhati Sungai Ciliwung dan Hutan Kota dari Universitas Indonesia Rasanto Adi mengatakan kualitas air sungai Ciliwung di beberapa segmen makin membaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News