Akademisi Anggap Burhanudin Muhtadi Langgar Kaidah Riset

Akademisi Anggap Burhanudin Muhtadi Langgar Kaidah Riset
Burhanudin Muhtadi.

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi belakangan makin populer berkat kontroversinya soal quick count.

Terbaru, Burhanudin dituding melanggar kaidah riset kuantitatif dengan pernyataannya terkait hasil hitung cepat (quick count) pemilu presiden (pilpres) 2014.

Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof.Laode M. Kamaluddin menilai, pernyataan Burhanudin dapat dikategorikan sebagai bentuk keberpihakan kepada salah satu pasangan calon. Hal ini mengindikasikan bahwa sang peneliti tidak objektif dalam melakukan risetnya.

"Oleh karena itu pernyataan tersebut ditolak karena tidak sesuai dengan kaidah riset statistik yang dianut di dunia akademis," papar Laode saat dikonfirmasi, Sabtu (12/7).

Menurutnya, dengan kondisi seperti saat ini media massa sebaiknya tidak lagi menayangkan hasil hitung cepat lembaga survei. Pasalnya, dikhawatirkan dapat menyesatkan dan memprovokasi masyarakat.

"Empat hari terakhir ini lembaga-lembaga survei penelitiannya sudah menurunkan martabatnya sendiri, maka sebaiknya media massa berpaling pada data real count," imbuh Laode. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi belakangan makin populer berkat kontroversinya soal quick count.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News