Akhir Bulan, OBU Jalan Tol Diluncurkan

Akhir Bulan, OBU Jalan Tol Diluncurkan
Akhir Bulan, OBU Jalan Tol Diluncurkan

jpnn.com - JAKARTA-PT Jasa Marga Tbk serius mengatasi kemacetan baik di ruas jalan tol dan antrian di gardunya. Akhir bulan ini, perseroan akan meluncurkan penggunaan OBU (On Board Unit) atau transaksi nonstop di pintu tol Cililitan, Halim, dan Cengkareng. Keputusan ini diambil sebagai hasil diskusi dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digagas INDOPOS di Graha Pena Jakarta, Selasa (22/11).

"Kita akan ujicoba dengan menggunakan OBU untuk pengendara mobil, teknisnya nanti dipikirkan apakah dengan mobil interen Jasa Marga atau bagaimana," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman di Jakarta, Jumat (25/11). Dia mengaku masyarakat harus diedukasi kalau ke depannya semua gerbang tol akan menggunakan OBU meskipun tidak serta merta gerbang tol diubah sistemnya.

"Masih ada tunai, e-toll card, dan OBU," lanjutnya. Rencananya, kata Adit, setelah launching OBU, Jasa Marga belum bisa secara permanen mengaktifkan sistem itu. "Kita akan edukasi secara bertahap, tetapi ditargetkan 2014 30 persen pengguna jalan sudah menggunakan OBU," kata Adit. Dilihat dulu, lanjutnya, bagaimana respon masyarakat. Bahkan, kata Adit, Anggota DPR RI Komisi VI Ferrari mengatakan masyarakat kita harus didorong agar semua menggunakan OBU. "Lebih ekstrim lagi ide dari beliau tetapi bagus, semua untuk mengurangi kemacetan," kata Adit.

Memang, investasinya agak sedikit mahal yakni per alat OBU Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu. Sementara untuk Jasa Marga sendiri investasi satu gardu bisa mencapai Rp 100 juta. "Tidak ada masalah dengan dana, ada kok," ujarnya.

Sistim kerja OBU yakni alat receiver akan dipasangkan di mobil pengendara dan akan ditembak oleh tranceiver (TRCV) di tiap gardu sehingga palang akan terbuka otomatis. "Pulsa juga akan berkurang secara otomatis," kata Adit. Mengenai siapa distributor untuk alat itu, Adit mengaku belum dipastikan. "Akan kita kerjakan semuanya bertahap termasuk mekanisme pengisian pulsa dengan melibatkan perbankan," lanjutnya.

Bagaimana mendapatkan OBU? Menurut Adit, OBU bisa didapatkan di dealer-dealer mobil yang akan dijadikan sebagai bonus dalam pembelian mobil baru. Pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan asosiasi-asosiasi mobil untuk membantu sosialisasi program ini.

Gerbang tol yang nanti akan diujicoba dengan OBU yakni GT Cililitan, GT Halim, dan GT Cengkareng. Ditargetkan pada 2014, semua gardu tol menggunakan OBU termasuk JORR, tol dalam kota, dan JORR W2 dan 30 persen pengendara sudah menggunakan OBU. "Semoga tol JORR W2 sudah terbangun juga ya," kata Adit. (vit)


JAKARTA-PT Jasa Marga Tbk serius mengatasi kemacetan baik di ruas jalan tol dan antrian di gardunya. Akhir bulan ini, perseroan akan meluncurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News