Akil Mochtar Dinilai Pantas jadi Ketua MK

Akil Mochtar Dinilai Pantas jadi Ketua MK
PENGAWAL KONSTITUSI: Hakim MK Akil Mochtar (kiri) dinilai pantas menggantikan Mahfud MD (kanan) sebagai ketua MK. FOTO: dok.jp.photo
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD akan mengakhiri masa jabatannya pada April mendatang. Namun, hingga kini belum terdengar nama-nama calon yang berpotensi menggantikannya sebagai orang nomor satu di lembaga pengawal konstitusi itu.

Menurut Pakar Ilmu Komunikasi Politik Universitas Indonesia Effendi Ghazali sosok juru bicara Mahkamah Konstitusi (Jubir-MK) Akil Mochtar termasuk yang berpotensi cukup baik untuk menempati posisi Mahfud MD.

"Selama ini kalau saya pelajari dari putusan-putusannya terutama ada putusan yang menurut kita sejalan dengan reformasi, dia lumayan. Cukup bagus, karena beberapa kali disentting opinion," kata Effendy di Jakarta, Selasa (26/3).

Effendi mengatakan, publik keliru jika menilai Akil adalah tipe tokoh yang konservatif. Menurutnya justru sebaliknya, Akil termasuk hakim yang banyak memberi ide inovatif.

JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD akan mengakhiri masa jabatannya pada April mendatang. Namun, hingga kini belum terdengar nama-nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News