ALINEA Memanggil Penulis Muda Peduli Perubahan Iklim

ALINEA Memanggil Penulis Muda Peduli Perubahan Iklim
Perkumpulan Penulis Indonesia ALINEA mengadakan audisi bagi penulis muda WNI usia 8-16 tahun (per 1 Mei 2022) untuk menulis tentang perubahan iklim dan isu lingkungan hidup.Ilustrasi. Foto: Perkumpulan ALINEA

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Penulis Indonesia ALINEA mengadakan audisi bagi penulis muda WNI usia 8-16 tahun (per 1 Mei 2022) untuk menulis tentang perubahan iklim dan isu lingkungan hidup.

Penulis muda yang terpilih akan berkesempatan mengikuti lokakarya menulis daring bersama penulis-penulis profesional di genre sastra anak.

Para peserta akan mendapatkan materi pembelajaran dari para pakar perubahan iklim dan isu lingkungan hidup yang diharapkan akan mampu menambah wawasan dan kepedulian mereka.

Karya-karya peserta nantinya akan diterbitkan ke dalam buku bertema “Ceritaku. Bumiku Kelak“.

Program audisi diluncurkan pada diskusi kelompok terpumpun Alinea bersama dengan para pegiat isu lingkungan dan penulis buku anak, tepat pada Hari Bumi, 22 April 2022.

Momen ini dipandang tepat untuk curah pikir tentang bagaimana meningkatkan kesadaran atas isu perubahan iklim.

“Kami para penulis di Alinea ingin menyambut tantangan zaman yang makin krusial ini dengan membuat buku perubahan iklim. Dari hasil diskusi, muncul ide bagaimana kalau anak-anak yang menjadi penceritanya dengan  orang dewasa yang menemani. Pasti banyak perspektif yang segar yang datang dari para penulis muda,” ujar Ketua ALINEA yang juga  aktivis lingkungan, Mardiyah Chamim, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Ide mengajak anak sebagai agen perubahan sosial untuk isu perubahan iklim dengan menuliskan cerita mereka, ditanggapi positif oleh penulis senior genre sastra anak, Doktor Murti Bunanta.

Perkumpulan Penulis Indonesia ALINEA mengadakan audisi bagi penulis muda WNI usia 8-16 tahun (per 1 Mei 2022) untuk menulis tentang perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News