Antara Ganjar dengan Endorsement Jokowi dan Tirakat Anies Tanpa Kudus

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Antara Ganjar dengan Endorsement Jokowi dan Tirakat Anies Tanpa Kudus
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com - Lebaran bukan momen politik. Namun, menjelang Lebaran ini suasana political race atau balapan politik di antara para bakal capres begitu terasa.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapatkan dorongan baru dari Presiden Jokowi setelah elektabilitasnya jeblok karena dampak pembatalan Piala Dunia U-20. Jokowi seharian menggandeng Ganjar saat kunjungan kerjanya di Jateng beberapa waktu lalu.

Seolah tidak mau kalah, Erick Thohir yang ikut babak belur karenat pembatalan Piala Dunia U-20 juga berusaha keras untuk bounce back memperbaiki  elektabilitasnya.  Erick juga menempel Presiden Jokowi dalam acara bagi-bagi sembako kepada pengemudi ojol di depan Istana Negara, Kamis (13/4).

Pada 10 hari terakhir Ramadan menjelang Lebaran, kegiatan makin padat dan ramai. Di banyak masjid terdapat orang-orang ramai melaksanakan iktikaf untuk berburu Lailatulqadar.

Di banyak mal dan pasar, orang ramai belanja berburu diskon. Di tempat lain para politisi sibuk berburu momentum untuk meningkatkan popularitas dan mendongkrak elektabilitas.

Ganjar dan Erick juga memanfaatkan momentum ini. Dua politikus itu sama-sama babak belur dan berusaha keras mengembalikan elektabilitas.

Sepertinya Ganjar akan memakai momen mudik Lebaran untuk menunjukkan kinerjanya yang baik sekaligus memperbaiki citranya yang sempat melorot. Sebagai kepala daerah di provinsi yang akan menerima jumlah pemudik paling banyak, Ganjar punya kesempatan bagus untuk unjuk diri dan  kinerja.

Erick Thohir sebagai menteri BUMN tidak punya kaitan langsung dengan mudik. Namun, Erick tentu tidak akan membiarkan momen Lebaran berlalu begitu saja.

Ganjar mendapat endorsement setelah seharian mendampingi Presiden Jokowi yang mengunjungi Jateng. Anies memilih menghindari Kudus setelah mengunjungi Demak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News