APPSI Tuding Jokowi Kurang Cekatan Antisipasi Kebakaran Pasar

APPSI Tuding Jokowi Kurang Cekatan Antisipasi Kebakaran Pasar
APPSI Tuding Jokowi Kurang Cekatan Antisipasi Kebakaran Pasar

jpnn.com - JAKARTA - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menuding Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kurang sigap mengantisipasi potensi kebakaran yang terjadi di pasar-pasar tradisional. Buktinya, kasus kebakaran pasar kembali terjadi. Setelah Pasar Senen terbakar, Jumat (25/4) pekan lalu, hari ini giliran kios di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan dilahap si jago merah.

Sekjen APPSI, Ngadiran mengatakan bahwa Jokowi seharusnya dapat melakukan inspeksi ke pasar-pasar tua yang berpotensi kebakaran. "Harusnya belajar dari kasus Pasar Senen, Jokowi segera ngecek pasar yang lainnya. Lah ini Pasar Rumput sudah keburu terbakar," kata Ngadiran di Jakarta, Senin (28/4).

Ngadiran pun merasa pesimistis respon yang ditunjukkan Pemda DKI akan membuat semakin banyak pasar tradisional terbakar. "Besok pasar apa lagi? Nah ini yang harus diantisipasi oleh Jokowi. Jangan ada kebakaran pasar lagi," katanya.

Ngadiran pun mengaku sangat prihatin dengan berbagai kasus kebakaran. Sebab, kebakaran itu membuat para pedagang pasar menderita. Selain barang dagangan ludes terbakar, tempat usahanya juga sudah tidak ada lagi. Pelanggannya pun kemungkinan akan hilang karena mereka akan belanja ke  tempat lain.

Ngadiran bahkan menyayangkan sikap Jokowi yang terburu-buru menyatakan bahwa kebakaran pasar ini bukan sabotase. "Harusnya diteliti dulu, dilakukan penyelidikan dulu baru bikin pernyataan. Kami sepakat bahwa ini adalah musibah buat para pedagang pasar. Tetapi jangan buru-buru mengambil kesimpulan, tolong diteliti dulu," katanya.

Menurutnya, Jokowi harus menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh untuk memberdayakan pasar tradisional agar bisa menggerakkan roda perekonomian rakyat. "Kalau terbakar terus seperti ini berbahaya. Bisa-bisa sebentar lagi menjadi mall dan pasar modern," pungkasnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menuding Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kurang sigap mengantisipasi potensi kebakaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News