AS Alihkan Utang USD 28,5 Juta

AS Alihkan Utang USD 28,5 Juta
AS Alihkan Utang USD 28,5 Juta
JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengalihkan utang Indonesia senilai USD 28,5 juta dengan program konversi hutan di Kalimantan. Utang senilai itu bakal dihapuskan dengan syarat dana senilai yang sama digunakan untuk program pelestarian hutan dan mitigasi perubahan iklim.

Kesepakatan tersebut ditandatangani kedua belah pihak di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta kemarin. James Caruso, Acting Deputy Chief Mission US Embassy Jakarta, berharap debt-for-nature swap tersebut bisa meningkatkan kapasitas Indonesia dalam melestarikan hutan. "Kami berharap kerjasama ini terus dilanjutkan," kata Caruso.

Debt-for-nature swap adalah pengalihan utang yang digunakan untuk membiayai program konservasi keanekaragaman hayati dan hutan tropis. Kesepakatan ini diatur dalam US Tropical Forest Conservation Act (TFCA), dimana pemerintah AS dapat mengalihkan utang dari negara-negara yang memiliki hutan tropis.

Melalui program itu, angsuran utang senilai USD 28,5 juta selama delapan tahun ke depan, tidak dibayarkan kepada pemerintah AS. Dana untuk pembayaran utang tersebut digunakan untuk program yang telah disepakati.

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengalihkan utang Indonesia senilai USD 28,5 juta dengan program konversi hutan di Kalimantan. Utang senilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News