Bahayakan Peluang Xavi di PD

Bahayakan Peluang Xavi di PD
Aksi Xavi Hernandez (kiri) bersama timnas Spanyol. Foto: Denis Doyle/Getty Images.
BARCELONA - Perjudian Josep "Pep" Guardiola menurunkan playmaker Xavi Hernandez ketika menghadapi Villarreal kemarin sukses besar. Bukan saja terhindar dari kekalahan, gelandang serang timnas Spanyol tersebut juga menjadi aktor utama kemenangan Barcelona, sehingga perjalanan mereka menuju tangga juara semakin dekat.

Namun, apa yang dilakukan Guardiola itu sangat berbahaya buat timnas Spanyol. Sebab, cedera betis yang didapat Xavi setelah leg kedua semifinal Liga Champions melawan Inter Milan itu makin parah. Jika cederanya ini berlanjut hingga akhir musim, Spanyol terancam kehilangan pengatur serangan jenius tersebut dalam putaran final Piala Dunia (PD) 2010, Juni mendatang.

Guardiola sendiri mengakui, keputusannya malam itu membahayakan peluang Xavi tampil di Afrika Selatan (Afsel). Namun, dia menyebut berani menurunkan Xavi lantaran si pemain sendiri yang meminta. Xavi tahu, absen di El Madrigal bisa mengancam kans mereka merebut gelar back to back.

"Saya memang bermain sambil menahan sakit waktu itu. Tapi tim sedang berjuang keras, dan saya ingin membantu teman-teman," ungkap Xavi kepada Associated Press. "Hanya ada tiga laga tersisa, dan saya harus sedikit mem-push diri saya sendiri. Dan kalau saya berani memaksakan diri, itu berarti saya baik-baik saja," lanjutnya.

BARCELONA - Perjudian Josep "Pep" Guardiola menurunkan playmaker Xavi Hernandez ketika menghadapi Villarreal kemarin sukses besar. Bukan saja terhindar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News