Bamsoet Dorong Kapolri Tambah Satu Bintang di Pundak Paulus Waterpauw

Bamsoet Dorong Kapolri Tambah Satu Bintang di Pundak Paulus Waterpauw
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penegak hukum mengedepankan pendekatan persuasif, humanistis, dan strategis, dalam menyelesaikan berbagai dugaan diskriminasi hukum terhadap tujuh orang pemuda Papua yang didakwa 5-17 tahun di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sehingga tidak memicu timbulnya konflik lanjutan yang bisa menimbulkan gejolak.

Tujuh orang pemuda Papua tersebut dijerat atas dugaan makar dalam aksi demonstrasi antirasisme pada Agustus 2019 lalu.

"MPR RI terus terlibat membantu saudara-saudara kita yang menyuarakan keadilan sosial terhadap Papua agar tak mendapatkan diskriminasi hukum. Menyuarakan keadilan tak sama dengan makar ataupun tindakan kriminal. Salah satunya melalui MPR RI FOR PAPUA yang diketuai Yorrys Raweyai, MPR RI telah mengunjungi Surya Anta dan lima mahasiswa Papua yang di tahan di Mako Brimob pada November 2019 lalu," ujar Bamsoet saat menjadi keynote speaker dialog virtual 'Rasisme Vs Makar', di Jakarta, Sabtu (13/6).

"Alhamdulilah berkat kerja keras semua pihak, keenam saudara kita tersebut yakni Surya Anta Ginting, Anes Tabuni alias Dano Anes Tabuni, Charles Kossay, Ambrosius Mulait, dan Arina Elopere alias Wenebita Gwijangge, telah dibebaskan pada Mei 2020," imbuhnya.

Turut serta secara virtual antara lain anggota MPR RI FOR PAPUA antara lain Yorrys Raweyai, Filep Wamafma, Robert Kardinal, dan Willem Wandik.

Kemudian Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih Elvira Rumkabu, Direktur Aliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP) Latifah Anum Siregar, dan praktisi hukum Piter Ell.

Ketua MPR RI juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Kapolda Papua yang juga putra daerah atas kerja keras tanpa kenal lelah dalam menjaga situasi Papua, sehingga tetap konsusif.

Bamsoet menyinggung soal Paulus Waterpauw saat dialog virtual Rasisme Vs Makar, yang juga diikuti anggota MPR RI FOR PAPUA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News