Rabu, 21 Agustus 2019 – 22:40 WIB

Bandara Internasional Yogyakarta Siap Beroperasi, Pusat Pemerintahan Kulonprogro Dipindah

Minggu, 28 April 2019 – 06:56 WIB
Bandara Internasional Yogyakarta Siap Beroperasi, Pusat Pemerintahan Kulonprogro Dipindah - JPNN.COM

jpnn.com, KULONPROGO - Dipastikan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) mulai beroperasi pada 29 April nanti. Penerbangan pertama dari Tiongkok. Pembangunan bandara ini terus berkesinambungan, terutama koneksi antar moda dan pembangunan sarana di sekitarnya.

Letak bandara berada di Kabupaten Kulonprogo, berbatasan dengan Purworejo Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat kota Jogja sekitar 44 km atau 1,5 jam perjalanan menggunakan mobil.

PT Angkasa Pura I sudah melakukan kerjasama dengan beberapa operator angkutan darat di Jogjakarta. Tujuannya agar mempermudah mobilitas penumpang YIA.

”Kami telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DIY dan operator angkutan darat di Provinsi DIY mengenai kesiapan moda transportasi bagi calon penumpang pesawat udara dari dan menuju YIA,” tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Menurut Fahmi, beberapa operator sudah siap mendukung mobilitas penumpang saat bandara tersebut beroperasi. Operator transportasi yang sudah menunjukkan kesediaannya untuk bergabung ada Perum Damri, PT Keren Transindo Sejahtera sebagai operator SatelQu, taksi Primkopau II, dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

BACA JUGA: Tiket Pesawat Mahal, Okupansi Hotel Tinggal 20 Persen

Bahkan PT KAI sudah menyiapkan rute khusus. Stasiun Wojo yang berada di Purworejo dijadikan sebagai stasiun awal. Letaknya 6 km dari bandara. Untuk menuju tempat tersebut, bisa menggunakan Damri yang ada setiap 10 menit sekali. ”Ada enam rute perjalanan yang disiapkan KAI,” tutur Faik.

Dia menambahkan adanya dukungan dari berbagai moda angkutan darat bisa mempermudah calon penumpang. ”Hal ini juga sebagai perwujudan sinergi dan konektivitas transportasi di DIY,” katanya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar