Banyak Calon PPPK tak Lulus Tes, Jokowi Perintahkan Menteri Anas Cari Solusi

Banyak Calon PPPK tak Lulus Tes, Jokowi Perintahkan Menteri Anas Cari Solusi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas memberikan keterangan pers di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (12/6/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas mencari solusi terkait persoalan banyaknya calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK yang tidak lulus tes.

“Kami buat skenario yang dilaporkan ke presiden. Bapak Presiden perintahkan kepada kami, kaji terkait beberapa kemungkinan apakah itu perankingan atau seperti yang lain,” kata Menteri Anas di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (12/6).

Menteri Anas menjelaskan bahwa berdasar hasil seleksi PPPK pada Maret 2023 lalu, banyak sekali peserta yang tak lulus tes. Dia mencontohkan untuk tingkat kelulusan PPPK dosen, hanya 31 persen.

Menurut dia, minimnya peserta yang lulus kemungkinan karena tingginya “passing grade” atau nilai ambang batas yang diajukan instansi pembina, atau karena banyaknya peserta tes yang tidak menguasai kompetensi teknis sesuai syarat.

“Banyak sekali yang tidak lulus bahkan tingkat kelulusan PPPK dosen itu total hanya 31 persen. Berarti ini soal passing grade yang diajukan isntansi pembina yang tinggi atau kompetensi teknis banyak yang tidak bisa mereka kerjakan,” ujarnya.

Menteri Anas mencontohkan untuk pranata komputer, calon PPPK yang diterima hanya tiga persen dari total 10 ribu pendaftar.

Padahal, banyak dari peserta tes sudah mengabdi kepada pemerintah selama 10 tahun - 15 tahun.

“Ini bisa karena soalnya, atau karena SDM-nya, sementara mereka sudah mengabdi ada yang sudah 15 tahun - 10 tahun, ini banyak yang usul ke kami, banyak afirmasi,” ujar Menteri Anas.

Banyak calon PPPK yang tidak lolos tes. Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Anas mencari solusi terkait persoalan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News