Barang China Makin Kuasai Pasar Indonesia

Barang China Makin Kuasai Pasar Indonesia
Barang China Makin Kuasai Pasar Indonesia
JAKARTA- Barang-barang impor dari China semakin menguasai pasar Indonesia. Fakta ini bisa terlihat dari tetap berkuasanya China sebagai negara pemasok barang impor terbesar ke Indonesia selama empat bulan terakhir. Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (1/7).

 

BPS mencatat, untuk barang impor selama Januari-April 2010, China masih menempati urutan teratas dengan nilai impor mencapai USD5,61 miliar dan menguasai pangsa pasar sekitar 17,26 persen. Diikuti Jepang senilai USD4,95 miliar atau 15,23 persen dan Singapura dengan nilai USD3,36 miliar atau 10,33 persen.

"Sementara impor non migas dari ASEAN mencapai 23,63 persen dan Uni Eropa sebesar 8,74 persen. Tapi jangan terlalu menilai negatif selagi impornya itu barang modal atau bahan baku bukan bahan konsumsi," kata Rusman.

Nilai impor menurut golongan penggunaan barang selama Januari-April 2010 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dijelaskan Rusman juga mengalami kenaikan untuk semua golongan.

JAKARTA- Barang-barang impor dari China semakin menguasai pasar Indonesia. Fakta ini bisa terlihat dari tetap berkuasanya China sebagai negara pemasok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News