Bareskrim Garap Bos Facebook, Ini Bocoran Pertanyaannya

Bareskrim Garap Bos Facebook, Ini Bocoran Pertanyaannya
Ari Dono Sukmanto. Foto: dok/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto membeber materi pertanyaan bagi Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia Ruben Hattari yang menjalani pemeriksaan kemarin (18/4). Menurutnya, pemeriksaan itu masih seputar klarifikasi tentang dugaan pembobolan data pengguna Facebook atau Facebooker.

Ari mengatakan, Facebook menyebut pembobolan data Facebooker karena aplikasi pihak ketiga. Bareskrim pun menanyakan aplikasi apa saja yang membuat data pengguna Facebooke pindah pihak ketiga.

"Kemarin kami ingin tahu apa yang dikerjakan Facebook ini sebenarnya. Aplikasi-aplikasi yang dibuat sehingga orang tertarik kemudian membuka identitas dirinya," kata Ari di Mabes Polri, Kamis (19/4.

Menurut Ari, aplikasi dari pihak ketiga itu bisa merekam data pengguna Facebook yang mengaksesnya. Hanya saja, data itu diduga disalahgunakan oleh pihak lain. “Jadi hal itu yang kami selidiki,” imbuh dia.

Lulusan Akpol 1985 itu menambahkan, Polri memang belum menerima laporan soal pencurian data. Namun, Bareskrim tetap akan melakukan penyelidikan untuk mencari unsur tindak pidana dalam pembobolan data Facebooker.

“Dalam kasus ini siapa yang dirugikan, kemudian peristiwanya seperti apa, ada tidak ini peristiwa pidananya," tandas dia.(mg1/jpnn)

 


Bareskrim Polri pengin mengtahui aplikasi apa saja yang membuat data pengguna Facebooke pindah pihak ketiga.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News