Bea Cukai Dorong Hasil Produksi dalam Negeri untuk Ekspor

Bea Cukai Dorong Hasil Produksi dalam Negeri untuk Ekspor
Bea Cuka Jogja (Bejo) memberikan pelayanan dan pengawasan atas kegiatan impor vanilla beans seberat 25.000 oleh PT Agri Spice Indonesia pada bulan lalu. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berkomitmen mendorong para pelaku usaha dalam negeri untuk meningkatkan hasil produksinya. Salah satunya melalui fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

KITE adalah fasilitas pembebasan atau pengembalian bea masuk dan PPN atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor.

Di Yogyakarta, Bea Cukai Jogja (Bejo) memberikan pelayanan dan pengawasan atas kegiatan impor vanilla beans seberat 25.000 oleh PT Agri Spice Indonesia pada bulan lalu.

Impor sendiri dilakukan dengan menggunakan pesawat charter Air Nugini Limited dari Papua Nugini yang mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

“PT Agri Spice Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menerima fasilitas KITE dari Bea Cukai. Dengan memaksimalkan fasilitas tersebut, dalam impor ini perusahaan mendapatkan pembebasan bea masuk dan PPN impor," kata Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah.

Dengan kemudahan impor bahan baku itu, Firman berharap kegiatan ekspor hasil produksi perusahaan akan meningkat.

"Hasilnya perusahaan dapat lebih berkembang, devisa negara pun bertambah,” ujar Firman.

Selanjutnya Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur melalui Bea Cukai Jambi memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha atas kepatuhannya dalam pemanfaatan fasilitas kepabeanan yang diberikan, Senin (13/09).

Bea Cukai berkomitmen mendorong para pelaku usaha dalam negeri untuk meningkatkan hasil produksinya. Salah satunya melalui fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).