Begini Cara KemenkopUKM dan BRI Dorong Pedagang Bertransaksi Secara Digital

Begini Cara KemenkopUKM dan BRI Dorong Pedagang Bertransaksi Secara Digital
BRI memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kalangan para pedagang. Foto dok humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) RI bersama Bank BRI memberi dukungan kepada para pelaku UKM di Indonesia yang saat ini tengah menghadapi kenormalan baru.

Dukungan tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung kepada para pedagang di pasar pagi Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (23/6).

Hadir Menteri Koperasi & UKM RI Teten Masduki dan Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto untuk melakukan dialog dengan para pedagang dan pengurus pasar.

Mereka mencoba mengimplementasikan web pasar yang dimanfaatkan oleh para pedagang dan pembeli di wilayah Pasar Pagi Rawamangun.

Teten menyebut momen sekarang ini dinilai saat yang tepat untuk percepatan UMKM memasarkan produknya melalui digital.

“Kami dan BRI seringkali melakukan pendampingan bersama melalui pemberian pelatihan dan pembinaan dalam rangka inkubasi bagi mereka agar dapat terhubung dengan ekosistem digital," tutur Teten.

Dukungan digitalisasi transaksi di pasar – pasar ini ditujukan agar para pedagang pasar terbantu memasarkan dagangannya kepada konsumen secara virtual tanpa harus bertemu secara langsung di lokasi pasar.

Produk yang bisa dibeli antara lain sembako, sayuran, daging, buah-buahan, dan berbagai kebutuhan lainnya melalui Website yang langsung terhubung dengan penjual di Pasar. Saat ini, Bank BRI bersama Pengelola Pasar telah merilis 3.232 Web pasar secara Nasional, 355 di antaranya berada di wilayah DKI Jakarta.

Kami dan BRI seringkali melakukan pendampingan bersama melalui pemberian pelatihan dan pembinaan dalam rangka inkubasi bagi mereka agar dapat terhubung dengan ekosistem digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News