Begini Cara Sekolah Terapkan Pendidikan Karakter

Begini Cara Sekolah Terapkan Pendidikan Karakter
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - ‎Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) makin mantap melaksanakan penguatan pendidikan karakter (PPK). Hal itu dibuktikan dengan langkah Kemendikbud mengumpulkan kepala sekolah SD dan SMP yang menerapkan pendidikan karakter.

‎"Kami akan mendengarkan tentang kurikulum yang diterapkan sekolah baik penerapan kokurikuler, ekskurikuler, dan intrakurikuler, sehingga betul-betul dapat membentuk karakter yang baik bagi siswa,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad, Rabu (14/9).

Beberapa sekolah menyampaikan praktik terbaik dalam pelaksanaan PPK, salah satunya adalah SD Negeri 03 Menteng, Jakarta.

Penerapan pendidikan karakter di sekolah tersebut tidak sekadar poin silabus, tetapi juga dipraktikkan dengan prinsip memberikan keteladanan. Selain itu menjadikannya sebagai tatanan nilai dengan melibatkan semua elemen, dan membangun kemitraan dan jejaring pendidikan, khususnya guru, keluarga, dan masyarakat.

Beberapa aktivitas yang dilaksanakan di SD Negeri 03 yakni, sapa guru dan karyawan sekolah kepada siswa di pagi hari, mengadakan apel pagi untuk menginformasikan kegiatan sekolah, menyanyikan lagu wajib nasional, berdoa bersama menurut keyakinan masing-masing.

Selanjutnya ada SD Negeri 12 Pagi, Rawamangun, Jakarta. Penerapan PPK dilakukan melalui beberapa jalur.

Di antaranya pembelajaran intrakurikuler proses pembelajaran tidak hanya dilakukankan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas dengan pemanfaatan fasilitas belajar yang beragam, penampilan gelar seni dan kreativitas secara periodik.

Dalam proses pembelajaran sekolah melakukan pembiasaan merapihkan sepatu sebelum masuk ke kelas, izin ke guru saat meninggalkan kelas, menyanyikan lagu Indonesia Raya, motivasi wali kelas, evaluasi kelengkapan seragam.

JAKARTA - ‎Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) makin mantap melaksanakan penguatan pendidikan karakter (PPK). Hal itu dibuktikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News