Berkenalan dengan Dayak di TMII

Berkenalan dengan Dayak di TMII
Aktivitas di "Pojok Tato Dayak" di TMII, Minggu (22/11). Foto: Istimewa.
JAKARTA - Mungkin, belum banyak agenda publik di Jakarta yang secara dalam memotret budaya Dayak. Makanya publik kebanyakan, terutama kalangan muda, masih mengenalnya secara parsial dan dari sisi tertentu saja. Namun hari ini, Minggu (22/11), salah satu kesempatan untuk mengenal Dayak lebih mendalam, hadir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Bertempat di anjungan Kalimantan Barat, memang baru saja digelar acara "Satu Hari Bersama Dayak" (A Day With Dayak). Tentunya, banyak di antara para pengunjung yang datang, cukup terpesona dengan berbagai macam elemen pameran serta demo yang diadakan panitia.

Salah satunya adalah pojok tato Dayak. Di sini, para pengunjung yang ingin kulit tubuhnya dirajah dengan berbagai macam motif khas, seperti akar-akaran, manusia, atau anjing yang melambangkan kesetiaan dan penjaga, bisa langsung menyiapkan bagian tubuhnya. Kontan, tak sedikit yang lantas menyatakan ingin ditato, baik permanen maupun temporer.

Di luar itu, masih banyak lagi demo maupun kegiatan, serta pojok menarik yang ikut hadir di ajang tersebut. Antara lain mulai dari lomba menyumpit dan memainkan gasing yang sengaja digelar, berikut foto bersama para model dari gadis Dayak, serta tak ketinggalan diskusi budaya dan fotografi.

JAKARTA - Mungkin, belum banyak agenda publik di Jakarta yang secara dalam memotret budaya Dayak. Makanya publik kebanyakan, terutama kalangan muda,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News