Bertugas Dimarahi Anak, di Jalan Dimarahi Pemudik

Bertugas Dimarahi Anak, di Jalan Dimarahi Pemudik
Bertugas Dimarahi Anak, di Jalan Dimarahi Pemudik

jpnn.com - JAKARTA - Liburan Lebaran adalah masa yang ditunggu segenap umat Muslim di Indonesia. Namun, nikmatnya libur Lebaran belum tentu berlaku untuk semua aparatur negara yang bertugas dalam bidang pelayanan publik seperti kepolisian, petugas medis maupun pelayanan umum untuk transportasi mudik.

Di tengah euforia mudik, para pelayan publik ini justru berhadapan dengan tugas mereka untuk memastikan pelayanan diberikan dengan baik.

Dalam perjalanan JPNN mengikuti rombongan tim liputan mudik pelayanan publik Kemenpan RB, para pelayan publik ini tersenyum mengisahkan pengabdian mereka untuk meninggalkan masa Lebaran bersama keluarga dan berada di jalanan.

Salah satunya adalah Brigadir Siswo, personil dari Polres Bangkalan, Jawa Timur. Ia bertugas pada Pos Pengamanan Mudik untuk mengatur lalu lintas Jembatan tol Suramadu dari Surabaya menuju Bangkalan.

"Ya kalau sudah ditugasin kita jalankan. Shalat Id kita ikut. Tapi kalau pas ditugasin jaga, ya tetep jalankan," kata Siswo yang sesekali memperhatikan jalan di depan posnya.

Begitu juga dengan Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Martinus Sitompul yang ditemui JPNN saat melewati Cikampek. Pria yang akrab disapa Martin ini menyatakan terkadang saat libur nasional, personil polisi tidak dapat mengecap libur layaknya aparatur negara lainnya. Selalu ada pembagian jadwal untuk bertugas.

"Anak-anak kami suka marah karena waktu libur besar kita tidak bersama keluarga. Kalau yang merayakan Lebaran, pas tugas ya hanya bisa telepon keluarganya. Kadang anak bilang, ayah ini ayah kami, apa ayahnya siapa, kerja terus, " kata Martin sambil tertawa.

Ia menyatakan bertugas saat musim mudik termasuk tantangan yang besar bagi anggota kepolisian. Ribuan kendaraan berada di jalanan dan tak jarang melanggar aturan lalu lintas.

JAKARTA - Liburan Lebaran adalah masa yang ditunggu segenap umat Muslim di Indonesia. Namun, nikmatnya libur Lebaran belum tentu berlaku untuk semua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News