Besok, 5 Jaksa Diperiksa

Besok, 5 Jaksa Diperiksa
Besok, 5 Jaksa Diperiksa
JAKARTA-- Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai menyikapi hasil pemeriksaan oleh tim eksaminasi terkait penanganan jaksa terhadap perkara Gayus Tambunan. Senin besok (5/4), rencananya,  tim mulai memeriksa jaksa-jaksa yang terlibat dalam penanganan perkara itu.  

"Senin bidang pengawasan sudah mulai melakukan pemeriksaan (jaksa)," kata Kapuspenkum Kejagung Didiek Darmanto saat dihubungi kemarin (3/4). Namun, dia menyatakan tidak mengetahui detail jadwal yang disiapkan. Dari informasi yang diperoleh Jawa Pos, tim pengawasan sudah menelaah hasil eksaminasi atas perkara Gayus. Selanjutnya, tim akan mengklarifikasi pihak-pihak yang terkait.

Berdasar temuan tim eksaminasi yang dipimpin Direktur Upaya Hukum, Eksekusi, dan Eksaminasi (Uheksi) Suroso, terdapat ketidakcermatan jaksa dalam menangani perkara Gayus. Misalnya, terkait uang USD 2.810.000 dari Andi Kosasih kepada Gayus yang tidak didalami oleh jaksa. Ketidakcermatan itu bisa disebabkan jaksa tidak profesional, lalai, atau punya suatu kepentingan.

Tim eksaminasi juga menilai jaksa tidak tepat dalam menerapkan dakwaan kepada Gayus. Selain itu, koordinasi dengan Bidang Pidana Khusus (pidsus) Kejagung tidak dilakukan. Padahal, dalam surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) dari Mabes Polri, tertera sangkaan pasal tindak pidana korupsi.

JAKARTA-- Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai menyikapi hasil pemeriksaan oleh tim eksaminasi terkait penanganan jaksa terhadap perkara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News