Biaya Perjalanan Dinas DPRD Sangat Boros

Biaya Perjalanan Dinas DPRD Sangat Boros
Biaya Perjalanan Dinas DPRD Sangat Boros

KENDARI - Biaya perjalanan dinas anggota DPRD Konsel dalam satu tahun anggaran mencapai puluhan milyar rupiah. Anggaran biaya SPPD Untuk setiap Individu biasanya menghabiskan anggaran Rp 12,1 juta satu kali perjalanan dengan tujuan Jakarta.

Sementara untuk Ketua Dinas biaya perjalanan Rp 18,1 juta dan wakil ketua  sebesar Rp 17,1 juta. Untuk perjalanan dinas DPRD yang terdiri dari Studi banding, Bimbingan teknis, Konsultasi, kajian dan Lemhanas itu masing-masing anggota mendapat bagian 13 kali perjalanan ke luar daerah dan unsur pimpinan sebanyak 18 kali perjalanan.

Jumlah anggota biasa DPRD Konsel sebanyak 27 orang, jika melakukan perjalanan sekali, anggaran yang digunakan sebanyak Rp 500 juta lebih ditambah unsur pimpinan Rp 52 juta lebih. "Biasa dalam satu kali pengeluaran anggaran di DPRD langsung habis digunakan untuk perjalanan dinas anggota DPRD. Itulah yang biasa menyebabkan kosongnya dana kegiatan lainnya,"ujar Sekwan Konsel Andi Nur Lapae, kemarin di ruang kerjanya.

Menurut mantan Kepala Bappeda Konsel itu, penggunaan anggaran habis dalam satu kali ketika dicairkan di sekretariat, karena DPRD tidak punya jadwal termasuk program pemberangkatan perjalan dinas keluar daerah. "Kalau ada kegiatan keluar daearah, anggota DPRD Konsel maunya langsung semua berangkat. Inilah yang kadang memusingkan bagian sekretariat dewan, ketika ada kegiatan lainnya, termasuk yang dadakan," katanya.

KENDARI - Biaya perjalanan dinas anggota DPRD Konsel dalam satu tahun anggaran mencapai puluhan milyar rupiah. Anggaran biaya SPPD Untuk setiap Individu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News