Bila Perlu RI Tarik Dubes atau Usir Dubes Malaysia

Bila Perlu RI Tarik Dubes atau Usir Dubes Malaysia
Bila Perlu RI Tarik Dubes atau Usir Dubes Malaysia
JAKARTA - Penangkapan tiga petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau oleh Malaysia, mengundang reaksi keras di tanah air. Kepada JPNN, Senin (16/8), Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hasanuddin, bahkan dengan tegas mengatakan bahwa penangkapan terhadap petugas resmi negara yang menjaga di perbatasan Indonesia-Malaysia tersebut, dinilai sebagai tindakan provokasi yang sudah kelewat batas, dari pihak negara tetangga.

"Malaysia terlalu keras memprovokasi Indonesia. Penangkapan yang dilakukan petugas DKP terhadap nelayan Malaysia adalah tindakan legal, demi penegakan hukum di teritorial Indonesia. Jadi, penangkapan petugas DKP kita oleh Malaysia, merupakan tindakan barbar dan sangat provokatif," tegas Hasanuddin.

Politisi dari F-PDIP itu pun mengatakan, sangat tidak tepat polisi Malaysia menangkap petugas Indonesia yang sedang menjalankan tugas mereka dan membawanya ke Malaysia. Kalaupun terjadi perbedaan pendapat di antara kedua (pihak) petugas katanya, semestinya ada dua cara atau solusi (saat itu) yang bisa dipakai.

"Pertama, meminta kepada DKP untuk melepaskannya (nelayan ilegal). Dan kedua, membiarkan petugas kita menjalankan tugas di wilayah teritorial kita, kemudian melakukan protes resmi," katanya.

JAKARTA - Penangkapan tiga petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau oleh Malaysia, mengundang reaksi keras di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News