Birokrasi Masih Memble

Birokrasi Masih Memble
Birokrasi Masih Memble
SELAIN pemberantasan korupsi, SBY mengangkat lima isu lain yang disampaikan dalam pidato kenegaraannya. Misalnya, soal reformasi birokrasi dan good governance. Presiden mewajibkan seluruh jajaran birokrasi meningkatkan peran dan fungsinya secara optimal dan maksimal.

 

"Percepatan reformasi birokrasi tidak bisa ditawar-tawar. Percepatan reformasi birokrasi sangat penting agar tercipta jajaran aparatur negara yang andal, profesional, dan bersih berdasar kaidah-kaidah good governance and clean government," kata SBY.

 

Meski reformasi birokrasi terus digalakkan, menurut SBY, masih dijumpai jajaran birokrasi yang belum responsif, cenderung lalai, dan bahkan menghambat jalannya pembangunan. "Tabiat dan perilaku seperti ini harus kita ubah dan akhiri," katanya.

 

Isu ketiga yang diangkat berkaitan dengan kerukunan masyarakat dan benturan sosial. SBY mengatakan, harus dihindari kekerasan horizontal, baik yang dipicu sengketa lahan, ekses pilkada, maupun perbedaan pandangan dan keyakinan. "Kita harus menghindarkan diri dari sikap mau menang sendiri dan memaksakan kehendak. Negeri kita justru harus menjadi etalase dari harmoni dan toleransi, bukan konflik dan kekerasan horizontal," urainya.

 

SELAIN pemberantasan korupsi, SBY mengangkat lima isu lain yang disampaikan dalam pidato kenegaraannya. Misalnya, soal reformasi birokrasi dan good

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News