JPNN.com

BKN Kembangkan 'Assessment Center'

Selasa, 01 Juni 2010 – 16:10 WIB BKN Kembangkan 'Assessment Center' - JPNN.com
BKN Kembangkan 'Assessment Center'
JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah mengembangkan program assessment center. Program ini disebut dikembangkan dalam rangka menunjang tugas dan fungsi Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) maupun Baperjanas/TPA (Tim Penilai Akhir).

Kepala BKN Edy Topo Ashari mengungkapkan, program assessment center bisa membantu pimpinan dalam mengkaji, menyiapkan data atau informasi, serta mengevaluasi potensi setiap PNS, khususnya bagi yang akan menduduki jabatan strategis. "Sampai saat ini, sejumlah instansi pusat dan daerah telah menggunakan program tersebut untuk menyeleksi calon pejabat strukturalnya," kata Edy di Jakarta, Selasa (1/6).

Dikatakan Edy lagi, BKN juga telah mengembangkan assessment center PNS tersebut di Kantor Regional VII Palembang, yang saat ini sudah dapat dioperasionalkan. "Nantinya, akan dikembangkan ke daerah lain, karena banyak jabatan yang tidak diisi oleh aparatur yang tepat. Misalnya, karena dekat sama kepala daerahnya, langsung diangkat Kadis, padahal golongan dan eselonnya tidak mencukupi," tuturnya.

Ditambahkan Edy, pada tahun 2007 lalu, BKN dan Universitas Terbuka (UT) telah mengadakan kerjasama untuk menyelenggarakan Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK), dengan konsentrasi manajemen kepegawaian pada jenjang sarjana (Strata 1). Ini bertujuan agar aparatur yang berada di level top manajemen, tahu tentang struktur organisasi, pemeringkatan jabatan karir dan lain sebagainya. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito