BPN dan PTPN Diminta tak Unjuk Kekuasaan

BPN dan PTPN Diminta tak Unjuk Kekuasaan
BPN dan PTPN Diminta tak Unjuk Kekuasaan
JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie minta Badan Pertanahanan Nasional (BPN) dan Direksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Persero jangan terus-menerus unjuk kekuasaan dan bicara hukum dihadapan rakyat untuk menyelesaikan sengketa lahan di dalam areal perkebunan.

“Saya yakin pejabat BPN dan Direksi PTPN semuanya orang-orang pintar. Tapi lihatlah mereka (rakyat), mereka tidak berpendidikan cukup, kasihan rakyat. Janganlah unjuk kekuasaan dan bicara hukum untuk menyelesaikan sengketa tanah," kata Marzuki Alie, di Jakarta, Kamis (11/7).

Cara-cara yang ditempuh BPN dan PTPN untuk menyelesaikan ribuan sengeta lahan terbukti tidak efektif. Akhirnya kata Marzuki Alie, terjadi penumpukkan perkara di BPN sementara PTPN dengan cara sendiri tetap menguasai lahan yang disengketakan.

"Fakta tersebut telah memotivasi DPR menyiapkan undang-undang bantuan hukum, karena rakyat tidak sanggup membayar pengacara yang kebanyakan berpijak di dua tempat sementara berbagai pihak semakin memperlihatkan kekuatannya menyingkirkan rakyat dari lahan turun-temurunnya atas nama kepastian hukum," ujar Marzuki Alie.

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie minta Badan Pertanahanan Nasional (BPN) dan Direksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Persero jangan terus-menerus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News