Bu Mega Gemes Lihat Perempuan Indonesia yang Seperti Ini

Bu Mega Gemes Lihat Perempuan Indonesia yang Seperti Ini
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wanita Indonesia harus menjadi lebih kuat dan mandiri. Sehingga, ketika mendapat perlakuan tidak layak, apalagi pelecehan atau kekerasan seksual mampu membela dirinya sendiri.

Begitu dikatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam acara deklarasi Indonesia Melawan Kejahatan Seksual yang bertajuk 'Sahkan UU Penghapusan Kekerasan Seksual' di Rumah Kuliner, Kompleks Metropol Megaria, Jalan Pegangsaan, Jakarta, Kamis (12/5).

"Saya suka gemas jika lihat wanita yang lembek. Bukan berarti tidak dandan atau kelaki-kelakian, bukan seperti itu. Tapi yang bisa membela dirinya," kata dia.

Perempuan yang kuat, terang Megawati, akan sangat membantu untuk melindungi dirinya terhadap ancaman dari tindak kekerasan apapun. Atau paling tidak, perempuan harus mempersenjatai dirinya untuk jaga diri.

"Atau minimal punya semprotan merica (pepper spray) seperti yang dimiliki polisi untuk jaga diri. Kita harus lebih peduli dan ajari anak-anak untuk waspada, sehingga peristiwa seperti Yuyun tidak terjadi lagi," terangnya.

Untuk kaum ibu, pesan Puteri Presiden Soekarno itu, agar mau memberikan pemahaman kepada anak mengenai bahaya kekerasan seksual.

"Apa susahnya menyampaikan seperti itu? Menjaga keamanan dan membela harga diri adalah hak kita," tegas Megawati.

Wakil Ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni menjelaskan, tindakan kekerasan seksual tidak hanya sebatas pemerkosaan. Namun, berupa pemaksaan berhubungan intim, penyiksaan seksual, hingga perbudakan seksual.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News