Buat Ibu-Ibu, Jangan Sampai Bertemu Ustaz dan Sopirnya Ini, Berbahaya!

Buat Ibu-Ibu, Jangan Sampai Bertemu Ustaz dan Sopirnya Ini, Berbahaya!
Pelaku yang tertangkap dan diborgol. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kasus penipuan berkedok ustaz dengan kemampuan supranatural terjadi di Balikpapan Utara. Pelakunya ada dua orang berinisial SU (48) dan AIS (41).

Keduanya yang merupakan warga Pasuruan dan Penajam itu telah merugikan korbannya hingga jutaan rupiah.

“Mereka melakukan kegiatan penipuan, dan kami berhasil menangkap keduanya,” kata Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Danang Aries Susanto saat pengungkapan kasus, Senin (28/6) kemarin.

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Kapolsek, kedua penjahat itu membagi tugas. AIS menjadi supir dan mencari target, sementara SU menyamar sebagai ustaz.

“Yang ustaz ini mengaku orang pintar, bisa menyembuhkan orang sakit,” sambung Kompol Danang.

Sejauh ini, ada dua orang korban yang ditipu oleh pelaku. Pertama wanita tua berinisial RO (66) warga kilometer tiga, Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara.

“Korban ditawari pengobatan atas penyakitnya oleh AIS. SU yang menyamar sebagai ustaz pun menjalankan tugasnya. Dia memberitahu korban untuk membersihkan diri dengan cara mengambil air putih, kemudian dibacakan beberapa surah pendek," kata Kapolsek.

“Selanjutnya pelaku menyuruh korban memasukkan perhiasan yang dipakai ke dalam kotak sabun. Saat korban lengah, SU dengan sigap menukar kotak tersebut dengan kotak yang mirip.”

Kasus penipuan berkedok ustaz dengan kemampuan supranatural terjadi di Balikpapan Utara. Pelakunya ada dua orang berinisial SU (48) dan AIS (41).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News