Buruh Blokir Tol, Jakarta-Cikampek Macet Total

Buruh Blokir Tol, Jakarta-Cikampek Macet Total
Puluhan ribu buruh bekasi berunjuk rasa dengan berkonvoi kendaraan motor dan memblokir jalan Tol Cikarang utama Km 30 Jumat siang (27/01/2012), mereka menuntut agar putusan PTUN Bandung soal kenaikan UMK yang digugat Apindo dibatalkan. Foto: Risky/Radar Bekasi
JAKARTA - Puluhan ribu buruh menggelar aksi di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (27/1). Mereka menutup ruas jalan tol sebagai bentuk protes atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung yang membatalkan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Aksi ini menyebabkan Tol Jakarta-Cikampek lumpuh total. Demonstran memblokir tol sepanjang dua kilometer ini dengan cara masuk ke dalam tol menggunakan kendaraan roda dua. Selain itu, ada pula massa yang sengaja tidur-tiduran dan berorasi agar tuntutannya diakomodir.

Demonstrasi besar-besaran ini dipicu oleh keputusan PTUN Bandung yang memenangkan gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi, Kamis (26/1). Dalam amarnya, Majelis Hakim memerintahkan kepada Gubernur Jawa Barat untuk merevisi Surat Keputusan UMK tahun 2012. Perintah ini sama saja membatalkan kenaikan UMK sebesar Rp 1.491.000.

:TERKAIT Koordinator Demonstran Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, Sasa Syaifuddin mengatakan aksi ini sengaja dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada kaum buruh. Apalagi kata dia, Apindo yang dimenangkan oleh pengadilan sudah melakukan dua kali pelanggaran kesepakatan untuk mencabut gugatannya.

JAKARTA - Puluhan ribu buruh menggelar aksi di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (27/1). Mereka menutup ruas jalan tol sebagai bentuk protes atas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News