Butet: Megawati Itu Levelnya Sudah Makrifat Politik

Butet: Megawati Itu Levelnya Sudah Makrifat Politik
Seniman senior Butet Kartaredjasa bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Budayawan Bambang Ekoloyo Butet Kartaredjasa menyebut level Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam politik sudah sangat tinggi.

Dia mengatakan itu saat peluncuran lagu Jarji Jarbeh pada hari kedua Rakernas III PDIP atau Rabu (7/8) ini di Sekolah Partai, Jakarta Selatan. 

"Menurut saya ini, ya, Bu. Kayanya ini bukan sekadar politikus Ibu Megawati ini, tetapi sudah makrifat politik. Makrifat politik itu levelnya negarawan kira-kira begitu," kata Butet ditemui di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu. 

Dia mengatakan level makrifat untuk Megawati, karena Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu tidak transaksional dalam politik. 

Seniman kelahiran Yogyakarta itu, bahkan menyebut Megawati memiliki kebijaksanaan dan tidak mau mengedepankan egoisme dalam berpolitik. 

Dia kemudian menyinggung soal langkah Megawati yang bisa saja menjadi Capres 2014. Namun, putri Proklamator RI Soekarno itu menunjuk Joko Widodo sebagai kontestan pada Pilpres 2014.

"Ibu menugasi Pak Jokowi sebagai kadernya," kata Butet. 

Menurutnya, hal itu berulang pada 2024 ketika Megawati menunjuk Ganjar Pranowo sebagai bacapres. 

Budayawan Butet menyebut level Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam politik sudah di melampaui level politikus lain atau makrifat politik 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News