Calo CPNS Bermain di Hampir Semua Daerah

Calo CPNS Bermain di Hampir Semua Daerah
Honorer K2 ikut tes CPNS. Foto: Fedrik Tarigan/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Tim investigasi honorer kategori dua (K2) menyebutkan, hampir 89 persen kabupaten/kota telah menjadi lahan bermainnya para calo CPNS.

Menurut Ketua Tim Investigasi Gerakan Honorer K2 Indonesia Bersatu (GHK2IB) Riyanto Agung Subekti alias Itong, pihaknya telah menemukan berbagai fakta di lapangan, banyak honorer K2 telah menjadi korban.

"Para korban ini menceritakan kepada kami rata-rata mereka dikenai dana sebesar Rp 50 juta sampai Rp 150 juta. Mereka mau menyerahkan uang karena dijamin 100 persen bahkan 1000 persen pasti lolos jadi CPNS. Tapi ternyata janji tinggal janji, para korban hanya bisa gigit jari," kata Itong kepada JPNN, Selasa (6/4).

Banyaknya honorer K2 yang jadi korban, lanjutnya, karena calonya orang-orang berpengaruh. Di antaranya oknum PNS, LSM, anggota dewan, pimpinan Ormas, dan pengurus forum honorer sendiri.

"Keterlibatan orang-orang inilah yang membuat jumlah tenaga honorer K2  membludak tak terkendalikan. Karena itu kami terus mengumpulkan fakta-fakta di lapangan untuk menjerat para calo CPNS ini," terangnya.

Atas temuan-temuan inilah menurut Itong, mendorong forum honorer K2 terus berjuang menuntut haknya sebagai CPNS tanpa tes. Dengan alasan sudah pernah ikut tes pada 3 Nopember 2013. Apalagi passing grade hasil seleksi tidak pernah dipublikasikan. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Tim investigasi honorer kategori dua (K2) menyebutkan, hampir 89 persen kabupaten/kota telah menjadi lahan bermainnya para calo CPNS. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News