Calon Independen Dizalimi

Calon Independen Dizalimi
Calon Independen Dizalimi
MAJUNYA calon independen dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, disambut antusias warga. Warga menilai, munculnya calon independen sebagai alternatif pilihan. Sebelumnya, calon gubernur DKI diusung melalui jalur partai politik. “Kami sebagai masyarakat sipil melihat calon independen, alternatif pilihan buat warga. Karena kebosanan kami melihat tingkah laku partai politik,” ungkap Veri Junaidi dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi.

Menurut dia, selama ini tidak ada alternatif lain. Hingga parpol bisa berbuat apa saja. “Sehingga muncul calon independen,” terangnya.

Sayangnya kata dia, kemunculan calon independen mendapat tantangan yang luar biasa. Mereka diibaratkan menggelar pemilu sampai empat kali. Mulai dari mengumpulkan dukungan, verifikasi administrasi dan faktual. Hingga pemilu itu sendiri. “Saat ini, kami melihat ada ketidakadilan bagi calon independen. Mulai dari aturan hingga dalam verifikasi faktual yang sangat berat. Calon independen telah dizalimi secara terstruktur,” terang Veri.

Dia mengingatkan, jangan sampai tujuan untuk mengawal verifikasi factual ditunggangi sejumlah pihak. “Seluruh pihak harus hati-hati dalam mencermati hal tersebut,” pungkasnya.

MAJUNYA calon independen dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, disambut antusias warga. Warga menilai, munculnya calon independen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News