Calon Raja Dicerca, Bakal Ratu Dipuja

Calon Raja Dicerca, Bakal Ratu Dipuja
Calon Ratu Spanyol Letizia Ortiz Rocasolano. Getty Images

jpnn.com - Perhatian dunia terhadap Duchess of Cambridge Kate Middleton sebentar lagi bakal teralihkan. Yaitu, kepada calon Ratu Spanyol Letizia Ortiz Rocasolano. Sama seperti Kate, Letizia juga tidak berasal dari kalangan bangsawan.

Dia adalah rakyat biasa dari golongan menengah. Letizia terkenal akan kecantikannya, kepiawaiannya memilih busana, serta kepandaiannya. Banyak pihak berpendapat bahwa Letizia bisa membawa udara segar di Spayol ketika menjadi ratu nanti.
 
Sebelum menikah dengan Pangeran Felipe de Borbon, Princess of Asturias tersebut adalah seorang presenter di CNN. Letizia bukan jurnalis biasa. Perempuan kelahiran Oviedo, 15 September 1972 itu sempat dinobatkan sebagai jurnalis paling bertalenta di Spayol yang berusia di bawah 30 tahun pada 2000. Dia meliput serangan 11 September di WTC dan perang Iraq secara langsung.
 
Bahkan, sebelum memakai mahkota, rakyat telah memberikan gelar Middle Class Queen atau Ratu dari Kalangan Menengah kepada Letizia. Sejak kecil, Letizia memang dibesarkan keluarga kelas menengah. Dia pergi ke sekolah umum layaknya warga biasa. Kakeknya adalah seorang sopir taksi. Jesus Jose Ortiz Alvarez, ayahnya, juga merupakan seorang jurnalis. Sementara itu, Maria de la Paloma Rocasolano Rodriguez, ibunya, adalah seorang perawat.
 
Ketika menikah dengan Pangeran Felipe de Borbon, status Letizia adalah seorang janda. Pada 7 Agustus 1998, dia menikah dengan Alonso Guerrero Perez. Sayangnya, mereka bercerai setahun kemudian. Letizia melakukan aborsi setelah sebelumnya keguguran. Dia bakal menjadi ratu Spanyol pertama yang pernah bercerai.
 
Letizia bertunangan dengan Pangeran Felipe pada 1 November 2003. Banyak yang kaget dengan pengumuman tersebut. Sebab, mereka sebelumnya jarang terlihat bersama. Felipe dan Letizia menikah pada 22 Mei 2004 di Katredal Santa Mar�a la Real de la Almudena di Madrid. Pasangan tersebut dikaruniai dua putri, Infanta Leonor, 9, dan Infanta Sofia, 7. Sejak menikah, pasangan itu jauh dari gosip miring. Mereka selalu terlihat saling mendukung dan mencintai. "Letizia telah membuka semangat Felipe," ujar Andrew Morton, penulis buku Keluarga Kerajaan Spanyol yang terbit April 2013.
 
Sebagai seorang putri, Letizia dikenal sangat fashionable. Dia kerap memadukan baju branded dengan baju murah milik desainer kurang ternama. Penampilannya pun kerap mencuri perhatian media dan dipuji banyak pihak. Bahkan, beberapa fashion blogger mengikuti gaya busananya untuk ulasan di blog pribadi mereka. Satu blog dengan nama Princess Letizia's Wardrobe didedikasikan seorang blogger untuk mendokumentasikan gaya busana sang putri. Termasuk di dalamnya desainer bajunya, harga, hingga berapa kali baju tersebut dipakai.
 
Letizia kerap dibandingkan dengan Kate Middleton. Gaya busana mereka memang hampir serupa. Namun, Letizia jauh lebih berani. Dia tidak takut memakai baju yang sedikit terbuka, namun masih masuk kategori cukup sopan. Bahkan, baju-baju dengan motif animal printing pun pernah dipakai. Ketika menjadi ratu nanti, Letizia bakal menjadi saingan Kate di dunia fashion. (AFP/Time/Daily Mail/sha/c15/kim)


Perhatian dunia terhadap Duchess of Cambridge Kate Middleton sebentar lagi bakal teralihkan. Yaitu, kepada calon Ratu Spanyol Letizia Ortiz Rocasolano.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News