Calon Tunggal Tak Jaminan Jadi Panglima

Calon Tunggal Tak Jaminan Jadi Panglima
Calon Tunggal Tak Jaminan Jadi Panglima
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Effendy Choirie mengatakan usulan satu nama calon Panglima TNI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke DPR, tak menjadi jaminan otomatis dipilih oleh para wakil rakyat.  Menurut Effendy, lolos atau tidak akan ditentukan dari hasil fit and proper test (uji kelayakan), bukan karena calon tunggal atau lebih.

"Kalau hasil fit and proper test layak, maka akan diterima. Tetapi kalau tidak layak, maka siapa pun calonnya akan dikembalikan ke Presiden SBY," kata Effendy Choirie, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (7/9).

Diungkap Effendy Choirie, uji kelayakan bagi calon Panglima TNI Agus Suhartono diselanggarakan 11 hari setelah lebaran. "Tepatnya pada Selasa, 21 September, setelah idul Fitri 1431 H DPR akan melakukan uji kepatutan terhadap calon Panglima TNI," tambahnya.

Sementara Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani mengungkap kekecewaannya terhadap keputusan presiden mengajukan calon tunggal Panglima TNI ke DPR. "Seharusnya lebih dari satu orang agar DPR punya pilihan dan alternatif dari figur-figur TNI yang ada. Kalau hanya satu nama, maka nanti akan dibicarakan dengan komisi-komisi dan fraksi-fraksi di DPR,” tutur Muzani

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Effendy Choirie mengatakan usulan satu nama calon Panglima TNI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News