Canangkan Poin Utama Revolusi Mental, Puan Maharani Kutip Kata-Kata Bung Karno

Canangkan Poin Utama Revolusi Mental, Puan Maharani Kutip Kata-Kata Bung Karno
Puan Maharani, saat memberikan sambutan dalam pencanangan Tekad Gerakan Nasional Revolusi Mental di kantor Kementerian PMK. Foto: Humas Kemenko PMK for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani kembali mengingatkan bahwa gerakan Revolusi Mental akan terwujud bila setiap warga negara Indonesia mengedepankan integritas, kerja keras dan gotong royong.

Puan mengatakan, Revolusi Mental adalah gerakan hidup baru untuk mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku manusia. Orientasi dari gerakan Revolusi Mental adalah kemajuan yang bisa membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa lain.

"Seperti dikatakan Soekarno, Revolusi Mental bukan pekerjaan satu-dua hari, melainkan sebuah gerakan nasional jangka panjang dan terus-menerus. Kerja dan kerja yang kita lakukan pada hari ini menentukan nasib anak cucu kita pada masa depan," ujar Puan di Jakarta, Senin (24/8).

Puan menyampaikan hal itu saat memimpin acara pencanangan Tekad Gerakan Nasional Revolusi Mental di kantor Kementerian Koordinator PMK, Jakarta. Seluruh pimpinan dan pegawai Kementerian Koordinator PMK hadir dalam acara itu.

Puan juga menjelaskan alasan mengapa gerakan Revolusi Mental harus diawali di Kementerian PMK. "Kementerian PMK ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai koordinator gerakan Revolusi Mental. Sebagai kementerian yang menaungi revolusi mental, kita harus menggaungkan hal tersebut," ujar Puan.

Puan menekankan tiga nilai utama di depan para pimpinan dan staf kementerian. Ketiga nilai itu adalah integritas, kerja keras dan gotong royong. "Tiga hal ini harus menjadi budaya kerja kita saat ini," katanya.

Pada acara itu, Puan membacakan tekad Revolusi Mental di hadapan pimpinan dan pegawai kementerian. Puan dan seluruh pimpinan serta staf kementerian bertekad melaksanakan dan mensukseskan gerakan Revolusi Mental dengan menjunjung integritas, etos kerja dan gotong royong.

"Nilai integritas tidak datang dengan sendirinya tetapi harus disemai dan ditumbuhkan pada setiap manusia. Integritas membutuhkan keteladanan, sikap disiplin, kepatuhan dan loyalitas yang mendahulukan kepentingan rakyat daripada kelompok dan individu," imbuhnya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani kembali mengingatkan bahwa gerakan Revolusi Mental akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News