Sabtu, 17 November 2018 – 17:51 WIB

Cara Naikan Berat Badan dengan Aman

Jumat, 02 November 2018 – 04:06 WIB
Cara Naikan Berat Badan dengan Aman - JPNN.COM

Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko penyakit metabolik, seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut ternyata juga berlaku bagi mereka yang memiliki berat badan kurang. Ya, berat badan yang terlalu rendah bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya beragam penyakit berbahaya, hingga risiko kematian.

“Ada banyak studi epidemiologi yang menunjukkan bahwa berat badan kurang pada orang dewasa dan orang tua dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi,” kata profesor gerontologi klinis di University of Cambridge di Inggris, Kay-Tee Khaw. 

Alasan di balik hal tersebut adalah karena orang yang mempunyai berat badan kurang lebih merasa bebas untuk makan lebih banyak, merokok, melewatkan olahraga, atau terlibat dalam perilaku sehat lainnya.

Lantas, harus bagaimana? Jawabannya adalah menaikkan berat badan ke rentang normal.

Menaikkan berat badan secara aman

Profesor diabetes dan metabolisme di Pennington Biomedical Research Center, Louisiana State University, Eric Ravussin, mengatakan bahwa hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan dengan cara yang aman adalah menambahkan makanan sehat dan padat gizi ke dalam diet sehari-hari.

Ravussin menjelaskan bahwa makanan tinggi lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, dan ikan berlemak adalah pilihan yang baik. Mengganti produk susu rendah lemak dengan produk susu berlemak penuh, seperti susu, keju, dan yoghurt adalah cara lain untuk menambahkan lemak sehat ke dalam tubuh yang kurus.

Lebih lanjut, Ravussin merekomendasikan Anda untuk makan besar sebanyak tiga kali, dan menambahkan beberapa camilan berukuran 300 kalori di pagi dan sore hari.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar