Cari Solusi bagi Rohingya, Fadli Zon Temui DPR Bangladesh

Cari Solusi bagi Rohingya, Fadli Zon Temui DPR Bangladesh
Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR Fadli Zon bersama Nurmansyah Efendi Tanjung dan Ledia Hanifa Amaliah saat menemui Ketua Parlemen Bangladesh Shirin Sharmin Chaudhury di Dhaka, Selasa (19/12). Foto: DPR

jpnn.com, DHAKA - Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR Fadli Zon menemui Ketua Parlemen Bangladesh Shirin Sharmin Chaudhury di Dhaka, Selasa (19/12). Dalam pertemuan itu, Fadli membahas upaya untuk membantu pengungsi Rohingya yang terusir dari Myanmar.

Hingga saat ini terdapat sekitar 1,1 juta warga Rohingya yang mengungsi di Cox’s Bazar, Bangladesh. “Kami juga menyampaikan, delegasi DPR RI akan mengunjungi langsung lokasi pengungsian warga Rohingnya di daerah Cox’s Bazar,” ujar Fadli yang dalam lawatannya didampingi anggota DPR Nurmansyah Efendi Tanjung (F-PDIP) dan Ledia Hanifa Amaliah (F-PKS).

Fadli menambahkan, DPR terus berupaya memanfaatkan forum-forum internasional untuk mencari solusi guna mengakhisi tindak kekerasan terhadap warga Rohingya yang dikenal sebagai minoritas muslim di Myanmar. Misalnya, delegasi DPR pada World Parliamentary Forum on Sustainable Development Goals di Bali pada 6-7 September lalu juga mendorong lahirnya resolusi soal Rohingya.

Selain itu, delegasi DPR yang dipimpin Fadli pada ASEAN Interparliamentary Assembly (AIPA) Conference di Manila, 13-19 September 2017 lalu juga memperjuangkan masalah Rohingya. Terakhir, Fadli bersama delegasi DPR mengajukan emergency item tentang Rohingya pada ajang Interparliamentary Union di St Petersburg, Rusia.

"Komitmen DPR RI ingin terus konsisten dalam proses penyelesaian persoalan Rohingya. Untuk itu, dalam pertemuan dengan ketua parlemen Bangladesh, kami mendesak agar segera mencari solusi politik yang bersifat permanen, yaitu mengembalikan pengungsi Rohingya ke tempat asalnya, dijamin keamanannya dan disiapkan infrastrukturnya,” sambungnya.

Selain itu, Fadli juga mendorong ASEAN agar lebih tegas untuk menyikapi persoalan Rohingya. Menurutnya, ASEAN harus mengambil peran besar.

“Salah satu yang kami usulkan yaitu parlemen Bangladesh menulis surat pada parlemen-parlemen Asia Tenggara yang memberikan informasi terkait masalah pengungsi Rohingya yang ada di Bangladesh. Kami juga menyampaikan untuk diberi kemudahan-kemudahan dalam pemberian visa untuk para pekerja yang menjadi relawan Rohingya di perbatasan Bangladesh,” pungkasnya.(jpnn)


Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR Fadli Zon menemui Ketua Parlemen Bangladesh Shirin Sharmin Chaudhury di Dhaka guna mencari solusi permanen bagi Rohingya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News