Dana Rp7,1 Triliun Sudah Siap untuk Pilkada Serentak

Dana Rp7,1 Triliun Sudah Siap untuk Pilkada Serentak
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, saat ini sudah disiapkan dana sebesar Rp7,1 triliun untuk pelaksanaan pilkada serentak. Dana ini diambil dari APBD.

“Ini justru  memang cukup mengejutkan. Kalau pelaksanaan pilkada sistem lama hanya Rp 4,8 triliun tapi ternyata karena kita serentak justru meningkat menjadi Rp7,1 triliun,” ujar Tjahjo dalam jumpa pers di kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (2/11).

Terkait soal anggaran itu, Tjahjo mengingatkan penegasan yang disampaikan dalam  rapat koordinasi Menkopolhukam  pada Kemendagri, Bareskrim, Kapolri, dan Jaksa Agung untuk memberikan peringatan kepada daerah tingkat 2 yang mengingkari naskah perjanjian hibah daerah. Naskah itu  menyangkut anggaran pengawasan dan anggaran Pilkada.

Ia mengatakan, dana Rp 7,1 triliun itu sudah cukup untuk pelaksanaan pilkada serentak yang diikuti 9 provinsi, 224 Kabupaten dan 36 Kota.

“Anggarannya sudah tercukupi semua, cuma masih ada beberapa pertimbangan lain antara DPRD dengan Bawaslu, mengingat ada sejumlah daerah yang APBD-nya tergolong defisit, tapi masih bisa ditanggulangi oleh tingkat provinsi,” kata Tjahjo.(flo/jpnn)


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, saat ini sudah disiapkan dana sebesar Rp7,1 triliun untuk pelaksanaan pilkada serentak.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News