Di Tokyo, JK dan Rombongan pun Harus Berlarian ke Taman

Di Tokyo, JK dan Rombongan pun Harus Berlarian ke Taman
TOKYO - Kerumunan warga Jepang yang resah dan menunggu, di luar gedung-gedung kantor mereka di salah satu distrik padat di ibukota Tokyo, Jumat (11/3) siang. Foto: Reuters/Toru Hanai.
JAKARTA - Sempat putus kontak, Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang Muhammad Luthfi, akhirnya bisa dihubungi melalui sambungan telepon. Selain memastikan dirinya selamat dari dampak gempa, Lutfi juga mengabarkan bahwa kondisi mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla yang kebetulan tengah bersamanya, juga dalam kondisi baik-baik saja.

"Kebetulan kami sedang bersama makan siang di Tokyo. Kekuatan gempa ini luar biasa. Seluruh bangunan bergoyang, dan kemacetan tak terhindarkan. Komunikasi dengan perwakilan di berbagai provinsi juga masih sulit dilakukan," kata Lutfi, melalui saluran komunikasi dengan pihak Kemlu.

Lutfi melaporkan, ada sekitar 274 WNI di Provinsi Miyagi dan 140 WNI di Provinsi Iwate yang masih belum bisa dihubungi. Namun pihak KBRI menurutnya, akan terus berusaha menghubungi kondisi terakhir WNI di kedua provinsi yang disebut dekat dengan pesisir utara Jepang tersebut.

"Sekarang ini Bandara Internasional Narita ditutup. Semua kendaraan transportasi dan KA juga berhenti. Tapi saya yakin, WNI akan bergabung dengan warga Jepang yang memang sudah biasa dengan musibah seperti ini," kata Lutfi.

JAKARTA - Sempat putus kontak, Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang Muhammad Luthfi, akhirnya bisa dihubungi melalui sambungan telepon. Selain memastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News